nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Dihadapkan Tantangan Global, Sri Mulyani: Percuma Punya IP 4,00

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 11:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 11 20 2115586 mahasiswa-dihadapkan-tantangan-global-sri-mulyani-percuma-punya-ip-4-00-mMZqdUBogc.png Sri Mulyani (Foto: Twitter)

JAKARTA - Sebagai upaya menghadapi tantangan global, teknologi, maupun perubahan iklim, suatu negara perlu membangun sumber daya manusia yang baik. Daya saing ekonomi Indonesia sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia, teknologi dan inovasi.

Hal ini dikatakan Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati saat Orasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Malang.

 Baca Juga: Sri Mulyani Orasi Ilmiah di UMM, Eh Tiba-Tiba Mati Lampu

Untuk itu, Sri Mulyani meminta mahasiswa supaya jangan hanya melihat text book saja. Tetapi juga harus memiliki wawasan mengenai jenis skill seperti apa yang dibutuhkan di dalam lapangan kerja yang akan datang.

"Saya yakin banyak sekali anak-anak muda yang merasa pintar jika ia dapat menghafal. Banyak yang beranggapan saya sudah pintar karena dapat menghafal sesuatu padahal hafalan itu mudah sekali digantikan oleh komputer," kata Sri Mulyani seperti dikutip dari akun Instagram resmi Sri Mulyani, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

 Baca Juga: Ditanya soal Indonesia Darurat Utang, Sri Mulyani: Mahasiswa Harus Bisa Baca Data

Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Indonesia telah mencapai berbagai macam kemajuan. Namun masyarakat masih tertinggal juga. Oleh karena itu, seluruh instrumen kebijakan digunakan untuk mengejar ketertinggalan itu.

 Sri Mulyani

Menurutnya, hal itu akan berhasil apabila dunia perguruan tinggi ikut di dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. Dia berharap mahasiswa supaya jangan pernah lupa untuk membangun sikap integritas dan kompetensi.

Integritas adalah Anda setia kepada nilai-nilai kejujuran. Tentunya, kompetensi adalah kemampuan dan kemampuan anda untuk terus maju menjadi manusia yang unggul. Sri Mulyani ingin mengatakan kepada kalian semua sebagai generasi muda yang akan memegang estafet, meneruskan perjalanan Republik Indonesia kedepan:

"Kalau kalian hanya menghafal, walaupun IP nya 4,00, dan masuk ke dalam summa cum laude, namun tidak punya leadership, tidak punya emotional intelligent, tidak biasa untuk melihat analitical thinking, membuat dan menganalisa, kemudian membuat problem solving, maka Anda tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk bisa menghadapi masa depan yang gemilang," ujarnya.

 Sri Mulyani

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini