nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Permata Cantik yang Harganya Bikin Geleng-Geleng Kepala

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 12:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 14 320 2116591 5-permata-cantik-yang-harganya-bikin-geleng-geleng-kepala-upMl7Db4tM.png Salah Satu Batu Permata Black Opal. (Foto: Okezone.com/The Richest)

JAKARTA - Batu permata, kristal, dan logam mulia selalu menjadi barang mewah yang diidam-idamkan. Bahkan pernah disembah karena konon memiliki kekuatan misterius selain digunakan sebagai perhiasan dan aksesoris.

Nilainya pun naik di pasar, dan menjadikan logam mulai sebagai investasi berharga untuk masa depan.

Masing-masing dari investasi ini memiliki sifat tertentu dan berharga dengan caranya sendiri. Tetapi beberapa dari mereka sangat langka, hanya ditemukan di tempat-tempat tertentu yang mengakibatkan harga nya menjadi sangat mahal.

Baca Juga: 5 Pisau Termahal di Dunia, Harganya Miliaran hingga Dilengkapi Berlian

Jika kamu penasaran batu permata mana yang paling dari yang terendah hingga termahal, inilah daftar batu permata termahal seperti yang dilansir dari The Richest, Senin (14/10/2019):

1. Blue Diamond, USD3,93 Juta setara Rp55,1 triliun (kurs Rp14.111 per USD)

Faktanya, blue diamond dinilai sangat langka dan memiliki sejarah dan cerita rakyat menurut para leluhur. Oppenheimer Blue Diamond mampu menghasilkan USD58 juta dalam pelelangan dan memegang rekor sebagai berlian paling mahal yang pernah dijual.

Permata Paling Mahal

Baca Juga: 5 Perangko Termahal di Dunia, Harganya Sampai Miliaran Rupiah

2. Jadeite- USD3 Juta setara Rp42,3 triliun.

Seperti namanya adalah salah satu batu permata di keluarga Jade. Batu permata ini tersedia dalam beberapa warna, mulai dari merah ke hitam. Tapi yang hijau paling umum dikenal.

Permata Paling Mahal

Namun, warna khusus hijau zamrud semi transparan yang kita bicarakan di sini. Dikenal sebagai "Imperial Jade", batu permata ini menonjol dalam budaya China.

Sebuah kalung yang berisi 27 manik-manik Jadeite dijual ke Cartier dengan harga USD27,44 juta, membuat manik-manik itu sangat mahal.

3. Pink Diamond - USD1,19 Juta setara Rp16,8 miliar

Sementara itu, diamond ini sedikit lebih mahal daripada ruby langka pada umumnya. Namun, hanya ada satu berlian merah muda yang telah dianggap benar-benar sempurna.

Permata Paling MahalP

Diamond disebut Pink Star dan dijual lebih dari USD70 juta dalam pelelangan Hong Kong.

4. Ruby- USD1,18 Juta per karat, setara Rp16,65 miliar

Rubi adalah varietas lain yang sangat populer dan tersedia dalam berbagai warna mulai dari merah muda hingga merah tua. Orang-orang kuno tertarik pada warna dan percaya batu itu mewakili darah dan memiliki sifat mistis.

Permata Paling Mahal

5. Emerald- USD305,000 per karat, setara Rp4,3 miliar.

Zamrud memang dikenal cukup populer dan ditemukan di empat benua. Lalu apa alasannya diamond ini harganya sangat mahal? Hal itu karena sebagian besar Zamrud yang tersedia di pasar mengandung beberapa ketidaksempurnaan. Akibatnya, beberapa batu langka yang benar-benar bebas dari segala ketidak sempurnaaan dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Permata Paling Mahal

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini