nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semua Produk Makanan dan Minuman Wajib Bersertifikat Halal

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 03:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 16 320 2117836 semua-produk-makanan-dan-minuman-wajib-bersertifikat-halal-D9CTCVzudI.jpg Minimarket (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama melakukan penandatanganan MoU dengan sejumlah Kementerian/Lembaga. Agenda ini terkait dengan penyelenggaraan jaminan produk halal (JPH).

Berlokasi di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu, 16 Oktober, proses penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK). Sementara Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa kurang lebih terdapat 11 Kementerian atau Lembaga, yang telah melakukan penandatanganan.

Menurutnya, penandatanganan ini merupakan salah satu langkah untuk memperlancar layanan sertifikasi halal. Khususnya bagi produk-produk makanan dan minuman. Hal itu sesuai dengan ketentuan undang-undang (UU), yang berlaku. UU jaminan produk halal, mulai berlaku tanggal 17 Oktober.

"Nantinya selama lima tahun, 17 Oktober 2019 sampai 17 Oktober 2024, tenggang waktu lima tahun untuk melakukan proses sertifikasi. Seluruh tahapan proses sertifikasi ini dibagi dalam lima tahapan," ujarnya.

Tak hanya itu, dengan adanya penandatanganan ini maka telah dimulai proses pendaftaran bagi para pelaku usaha di bidang makanan dan minuman. Beserta produk-produk yang terkait dengan makanan dan minuman tersebut.

Baca Selengkapnya: Mulai Besok, Semua Produk Makanan dan Minuman Wajib Bersertifikat Halal

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini