nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 BUMN Gotong Royong Selamatkan Merpati Airlines

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 04:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 16 320 2117840 10-bumn-gotong-royong-selamatkan-merpati-airlines-d4pnGbN5bs.jpg Maskapai Merpati Airlines Belum Bisa Terbang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sebanyak 10 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berikan bantuan kepada PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Hal itu dilakukan untuk membangkitkan kembali maskapai penerbangan tersebut serta mendukung komitmen restrukturisasi bisnis Merpati. Adapun 10 BUMN tersebut, yakni PT Garuda Indonesia (Persero), PT Semen Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT PLN (Persero), Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BNI, hingga Bank BRI. Komitmen strategis tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Garuda Indonesia bersama dengan Merpati Airlines yang turut melibatkan dukungan dari sembilan BUMN lainnya.

Perjanjian Kerjasama tersebut meliputi kerjasama dalam bidang Pelayanan Kargo Udara, Ground Handling, Maintenance Repair & Overhaul (MRO) dan Training Center. Kerjasama itu ditandatangani langsung oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara bersama dengan Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines Asep Ekanugraha dan Direksi BUMN lainnya yang turut terlibat.

Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara, kerjasama Garuda dengan Merpati Airlines berjalan di bidang Pelayanan Kargo Udara, Ground Handling, Maintenance Repair & Overhaul (MRO) dan Training Center. Hal ini demi mendatangkan bisnis untuk Merpati tetapi Garuda juga dalam hal ini tidak merugi dan tidak terbebani. Dalam hal kerja sama pengelolaan usaha maintenance, repair, and overhaul (MRO), Merpati Nusantara juga bertindak sebagai agen pemasaran yang menyediakan layanan untuk perawatan turbin.

Sedangkan dalam usaha training centre, Garuda Indonesia akan berpartisipasi dalam mengelola pusat pendidikan milik Merpati Nusantara agar ke depannya unit usaha ini dapat menjadi salah satu sumber pendapatan besar Merpati. Garuda dengan beberapa BUMN lainnya juga mendukung pengelolaan usaha kargo milik Merpati melalui aktivitas pelayanan pengiriman barang-barang (kargo) di wilayah Papua.

Baca Selengkapnya: 10 BUMN Keroyokan Bangkitkan Merpati agar Terbang Lagi

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini