nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jakarta Akan Tenggelam, Properti Jakarta Utara Tetap Mengkilap

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 14:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 16 470 2117662 jakarta-akan-tenggelam-properti-jakarta-utara-tetap-mengkilap-Ad6XdimODh.jpg Jakarta Tenggelam (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan pernyataan bahwa Jakarta terancam tenggelam. Bukti-bukti dan penyebab Jakarta tenggelam pun sudah dibuka.

 Baca Juga: Menteri Jonan: Air Laut Sudah Sampai Monas

Pernyataan tersebut dibuktikan dengan beberapa daerah di Jakarta Utara yang sudah mengalami penurunan tanah. Bahkan intrusi air laut sudah masuk ke Monas.

Pengamat properti Anton Sitorus menilai proyeksi Jakarta akan tenggelam merupakan isu yang sudah lama ada, namun belum ada yang bisa membuktikan secara signifkan nasib Jakarta yang dikabarkan akan tenggelam.

 Baca Juga: Tanah Turun 40 Meter, Waspada Jakarta Tenggelam

"Sudah basi isu kayak gini, udah lewat. Buktinya, pengembang dan peminat properti di daerah Jakarta Utara masih banyak kok, tidak ada yang ketakutan dengan pemberitaan seperti itu," katanya kepada Okezone, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

 Jakarta Tenggelam

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengajak seluruh masyarakat di DKI Jakarta untuk membatasi penggunaan air tanah. Karena pengambilan air tanah secara berlebihan di Jakarta, mengakibatkan turunnya muka air tanah.

Menurut Jonan, jika dibiarkan Jakarta cepat atau lambat akan tenggelam. Bahkan, beberapa daerah di Jakarta Utara sudah mulai ada beberapa daerah yang terendam.

“Kalau menurut catatan penurunan muka air tanah mencapai 40 meter dari asalnya. Dalam jangka waktu 50 tahun atau 100 tahun,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Selasa 15 Oktober 2019.

Jakarta Tenggelam

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini