nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasar Apartemen di Jakarta Masih Menggiurkan, Simak Buktinya

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 19:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 470 2120869 pasar-apartemen-di-jakarta-masih-menggiurkan-simak-buktinya-BoRceI6UIx.jpg Penjualan Apartemen Lesu. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pertumbuhan pembangunan apartemen di Indonesia terus meningkat. Hal ini ditunjukkan dalam data yang dihimpun selama 9 bulan terakhir.

Di kawasan dalam maupun luar Jakarta, pasar apartemen masih terbilang menggiurkan. Hingga saat ini, terdapat total 166.200 unit apartemen yang berada di area Jakarta. Angka tersebut sudah termasuk dengan apartemen yang telah siap huni, maupun yang masih dalam proses pembangunan.

Baca Juga: Peluang Besar di Industri Properti, Harga Rumah Terus Naik

Menurut Head of Research & Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus, angka tersebut masih akan terus bertambah. Sepanjang tahun ini hingga tahun-tahun berikutnya, akan ada penambahan unit apartemen dalam jumlah yang cukup banyak.

Apartemen

"Proyeksi sepanjang tahun 2019 hingga 2023, kemungkinan bertambah hingga 50.000 unit," jelasnya, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Baca Juga: Lagi Tren Co-Living, Prospek Menggiurkan bagi Investor Properti

Sejalan dengan itu, pertumbuhan harga pada kawasan Jakarta pun mengalami pertumbuhan yang signifikan. Saat ini, rata-rata kisaran harga berada pada level Rp26,6 juta per meter persegi.

Sementara itu di kawasan luar Jakarta atau seputar Bodetabek, Anton mengaku bahwa pertumbuhan pembangunan berlangsung tak kalah pesat. Sampai dengan kuartal ketiga, angka penjualan bahkan mencapai 6.800 unit.

Menurutnya, dari total suplai sebanyak 97.200 unit yang berada di wilayah Bodetabek didominasi oleh unit yang masih dalam proses pembangunan. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan mengingat area kosong di luar Jakarta masih terbilang luas dibandingkan wilayah Jakarta sendiri.

"Lebih banyak unit yang sedang dibangun dibandingkan yang telah selesai dan siap huni," ujar Anton.

Angka tersebut diprediksi akan terus bertambah hingga 129.000 unit sepanjang tahun 2019 sampai dengan 2022. Dua kali ipat lebih banyak dari wilayah Jakarta. Sementara pertumbuhan harga masih terbilang moderat berada pada level rata-rata Rp16 juta per meter persegi.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini