Share

PLN Akan Pasang Charger Bus Listrik di Halte Transjakarta

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 27 320 2122351 pln-akan-pasang-charger-bus-listrik-di-halte-transjakarta-puJLRQZvyz.jpg Bus Transjakarta (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT PLN (Persero) akan memasang fasilitas charging kendaraan listrik di setiap dua halte Transjakarta. Nantinya fasilitas charging listrik ini dikhususkan untuk mengisi bahan bakar Bus Listrik Transjakarta.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan pembicaraan dengan pihak PT Transjakarta. Pembicaraan tersebut meliputi proses transisi pemasangan charging station di dua halte Transjakarta tersebut.

Baca Juga: PLN Siapkan 22 Charger Kendaraan Listrik Akhir Bulan Ini

“Mungkin (dipasang di dua halte) karena kita sekarang tahap pembicaraan dengan pak Agung dan Trans Jakarta bagaimana supaya optimal ini. Tidak hanya sekedar dipasang tapi charging buat Transjakarta ini benar-benar optimal,” ujarnya saat ditemui di Kawasan Bundaran Senayan, Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Menurut Ikhsan, charing station khusus kendaraan listrik memang ada beberapa macam. Misalnya adalah memakai kabel seperti yang saat ini banyak digunakan.

Imbas Perluasan Ganjil Genap, Penumpang Transjakarta Meningkat 

Selain itu lanjut Ikhsan, ada juga tipe pentograf yang mana alat untuk mencharginnya ada di atas. Dan terakhir adalah tipe wireless.

“Iya, kita lagi mempersiapkan kebutuhannya dia seperti apa. Karena sebetulnya charging itu ada tiga macam ada yang pakai kabel seperti sekarang. Kemudian ada pentograf yang di atas, kemudian ada yang wireless,” jelasnya.

Khusus untuk charging station Transjakarta nantinya akan dipasang secara pentograf. Sehingga ketika mencharger tidak perlu berhenti terlalu lama.

Nah bus Transjakarta ini sepertinya butuh yang pentograf dan nanti dipasang di beberapa station, halte. Sehingga dia gak usah berhenti terlalu lama. Naikin penumpang langsung cas,” jelasnya.

Hati-Hati, Bulan Ini Tilang Elektronik Jalur Bus Transjakarta Diberlakukan

Lagi pula lanjut Ikhsan, kapasitas baterai dari Bus Listrik Transjakarta tidak terlalu besar. Sehingga proses pengisian baterainya juga tidak terlalu lama.

“Karena baterainya juga enggak terlalu besar, baterainya itu nanti kapasitanya enggak akan banyak ya sehingga memang di desain baterainya enggak usah di charger terlalu besar untuk bus ini tetapi bisa dicas berkali-kali. Jadi mungkin tiap dua halte ada pentograf, cas lagi mungkin 3 menit sambil menaikkan untuk menurunkan penumpang,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini