PLN Siapkan 22 Charger Kendaraan Listrik Akhir Bulan Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 09 320 2114853 pln-siapkan-22-charger-kendaraan-listrik-akhir-bulan-ini-2iy7yQrjwu.jpg Mobil Listrik (Reuters)

JAKARTA - PLN Diistribusi Jakarta Raya akan segera melaunching alias mengeluarkan 22 charging station pada akhir bulan ini. Hal ini dilakukan untuk mendukung program kendaraan listrik yang dicanangkan oleh pemerintah.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, dari jumlah 22 charging station yang akan dilaunching terdiri dari 3 fast charging, 1 ultra charging dan 18 normal charging. Nantinya, charging station ini akan dipasang di pusat-pusat perbelanjaan seperti mall yang ada di Jakarta.

 Baca juga: Menko Luhut: VW hingga Mercedes Minat Investasi Mobil Listrik di Indonesia

"Kita mulai Oktober ini akan launching besar-besaran. Ada 22 charging station, rinciannya 3 fast charging, 1 ultra fast charging, sisanya normal charging di mal," ujarnya saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

 mobil listrik

Menurut Ikhsan, PLN menyiapkan dana sekira Rp6 miliar untuk membangun 22 unit charging station ini. Dalam pengadaan ini, nantinya perseroan akan mengajak pihak swasta untuk berpartisipasi.

 Baca juga: Motor Listrik China Bakal Serbu Indonesia

Adapun biaya satu unit charging station biasa sekira Rp 800 juta. Sedangkan untuk charging station versi ultra fast charging sekira Rp 1,5 miliar.

"Saya kira untuk semetera kita lagi mendorong (pihak swasta), tapi belum minta mereka bangun sendiri. Mungkin harus ada insentif dari pemerintah," jelasnya.

Menurut Ikhsan, langkah PLN untuk menyediakan charging station ini tidak akan berhenti sampai di sini saja. Karena pihaknya akan menargetkan 160 charging station di beberapa fasilitas publik.

Tak hanya itu, nantinya PLN juga akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan plat merah lainnya seperti PT Pertamina (Persero) ataupun PT Jasa Marga (Persero). Jika nantinya berkolaborasi dengan Pertamina, maka PLN akan membangun Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di SPBU milik pemerintah.

"Di roadmap kita akan tambah jadi 160, makanya kita kerja sama dengan Pertamina dan BUMN lain. Jasa Marga juga agar mereka mau juga bangun charging station di rest area," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini