nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekrutmen CPNS 2019 Molor, Ada Instansi Belum Rampungkan Usulan Formasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 13:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 28 320 2122610 rekrutmen-cpns-2019-molor-ada-instansi-belum-rampungkan-usulan-formasi-TCRwGnsOnX.jpg CPNS (Okezone)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut hingga saat ini proses penetapan formasi masih berlangsung. Karena masih ada beberapa instansi yang mengkoordinasikan dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan, jumlah formasi sebenarnya sudah sering dibicarakan oleh Kemenpan RB. Hanya saja mengenai pembagian pasti formasi kepada masing-masing instansi masih menunggu koordinasi dengan Kemenpan RB.

 Baca juga: Pendaftaran CPNS 2019 Molor, Kementerian PANRB: Mohon Ditunggu Saja

“Sampai saat ini saya dengar masih ada instansi yang belum selesai berkoordinasi dengan Kemenpan RB tentang formasi mereka,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (28/10/2019).

 infografis CPNS 2019 (Okezone)

Menurutnya, ada beberapa instansi yang masih koordinasi mengenai formasi dinilai sangat wajar. Apalagi, pemerintah sendiri baru saja menyelesaikan penyusunan kabinet baru pekan lalu.

 Baca juga: Rekrutmen CPNS 2019 Diumumkan Serentak Lewat Website dan Medsos

Asal tahu saja, dalam susunan kabinet baru Menpan RB saat ini dijabat oleh Tjahjo Kumolo yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Medagri). Tjahjo menggantikan posisi Menteri sebelumnya yakni Syafruddin.

“Mereka harus lapor Pak Menpan RB dulu sebelum diumumkan. Ini wajar dalam transisi kabinet seperti ini,” jelas Ridwan.

 Baca juga: Dari Kuota 156.000, Jumlah Guru Honorer Jadi PNS Masih Minim

Menurut Ridwan, koordinasi ini sebenarnya tidak terlalu berdampak pada pergeseran jadwal pendaftaran. Oleh karena itu, pihaknya masih optimis pendaftaran CPNS 2019 akan diumumkan pada bulan ini.

“Silakan cek ke Kemenpan RB. Tapi ini tidak menyebabkan bergesernya jadwal,” ucapnya.

Saat ini keputusan ada di KemenpanRB. Jika Kemenpan RB memberikan arahan untuk dibuka maka Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan segera mengumumkannya kepada publik.

“Panselnas masih optimistis bisa akhir Oktober. Kita tunggu saja. Coba silakan kontak pak Setiawan Wansa Atmaja (Deputi Bidang SDM KemenpanRB),” ujar Ridwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini