Jajanan Tradisional yang Bikin Kangen Masa Kanak-kanak

Senin 28 Oktober 2019 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 28 320 2122804 jajanan-tradisional-yang-bikin-kangen-masa-kanak-kanak-4mz7RigRjs.jpg Foto: Dok. SRC

JAKARTA - Bagi anak-anak yang lahir di era 90an, pasti merasakan betapa serunya aktif bermain di luar ruangan. Seperti bermain bola di lapangan, main karet, kelereng, dan permaian-permaian lain yang saat ini sudah sulit ditemui. Maklum, di zaman itu belum ada yang namanya gadget yang menyajikan aneka macam game.

Setelah capek bermain, biasanya anak-anak akan menuju warung terdekat untuk berbelanja makanan dan minuman. Jajanan yang tersedia di warung umumnya jajanan tradisional bikinan usaha rumahan. Harganya tentu ramah kantong dan rasanya pun lezat. Menyantap jajanan bersama teman-teman sambil saling ledek, tentu menjadi momen indah saat kanak-kanak.

Berikut ini adalah jajanan yang bisa ditemukan di warung tradisional yang tanpa sadar akan mengingatkanmu ke masa kecil dulu.

Kacang Telur

kacang telur

Foto: Ist

Kacang telur ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Bentuknya yang berbeda dari kacang pada umumnya karena kacang telur dilapisi tepung yang kemudian digoreng hingga kecoklatan. Rasanya yang gurih tentu disukai oleh anak-anak. Selain enak, harga kacang telur ini cukup terjangkau. mulai dari Rp500 hingga Rp2000 tergantung merk dan ukuran kemasan.

Keripik Pisang

pisang

Foto: Ist

Keripik pisang adalah makanan yang terbuat dari pisang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh wilayah Indonesia.

Keripik pisang mempunyai dua bentuk, ada yang bentuknya bulat dan juga ada yang bentuknya panjang. Rasanya yang manis tentu digemari oleh anak-anak. Keripik pisang juga merupakan salah satu makanan yang mudah ditemui di toko kelontong karena cemilan ini tergolong laris.

Kerupuk Ikan Bulat

kerupuk

Foto: Ist

Rasa dari kerupuk ini tentu bukanlah rasa manis, rasa dari kerupuk ini gurih disertai dengan aroma ikan. Bagi anak-anak yang tidak suka ikan, biasanya para orang tua mengelabui anaknya dengan memberikan kerupuk ini. Dengan demikian, para anak-anak biasanya menyukainya karena bentuknya yang unik tidak menyerupai ikan. Siapa yang kangen dengan jajanan kerupuk ikan ini?

Permen Kaki

ikan

Foto: Ist

Siapa sih yang ngga kenal dengan permen kaki Hot Hot Pop yang beken pada masanya ini? Yup! Bagi Kamu yang lahir di tahun 90an, permen ini menjadi jajanan terpopuler selama beberapa tahun. Permen yang dikemas dengan kemasan warna biru ini, terdapat permen yang berwarna merah di dalamnya. Warna merahnya ini bisa meninggalkan bekas di lidah kalian lho! Rasanya yang asam manis tentu disukai oleh anak-anak.

Seiring bertambahnya usia, Kamu pasti lebih senang nongkrong di cafe atau keliling mall. Apalagi bila Kamu sudah bekerja, selera jajan pun berubah sehingga sudah jarang membeli jajanan di warung. Tapi jika kalian rindu akan jajanan tradisional, jangan khawatir, kalian masih dapat menemukan jajanan tradisional ini di toko kelontong yang lokasinya bahkan bisa sangat berdekatan dengan rumah kalian. Terutama untuk toko kelontong yang sudah bergabung dengan Sampoerna Retail Community (SRC).

Di toko kelontong yang sudah bergabung dengan SRC, Kamu bisa menemukan banyak jajanan tradisional seperti yang sudah disebutkan tadi yang tersedia di Pojok Lokal. Pojok Lokal tak hanya menyediakan makanan yang dijual, namun juga disediakan bangku dan meja sesuai dengan hobi anak milenial yang demen banget nongkrong!

Pojok Lokal menyediakan makanan dari UKM sekitar yang menitipkan dagangannya untuk dijual di Pojok Lokal. Siapa tahu makanan tersebut dibuat oleh tetangga kalian guys! Atau jika Kamu mempunyai UKM, Kamu juga boleh banget menitipkan barang daganganmu di Pojok Lokal.

src

Foto: Ist

Dari sini, kita bisa menyadari kalau warung kelontong itu bukanlah warung jaman dulu yang sempit dengan display barang yang kurang rapi. Banyak inovasi yang telah dilakukan oleh toko kelontong terutama yang telah bergabung dengan SRC, diantaranya mereka memiliki etalase layaknya minimarket, mereka juga menata barang sesuai dengan kategori, ditambah lagi, beberapa warung kelontong juga sudah menyediakan meja dan kursi untuk nongkrong.

Seperti di video berikut ini, kamu bisa menyaksikan bagaimana keadaan dari salah satu toko kelontong yang sudah bergabung dengan SRC dan menyediakan aneka jajanan tradisional di Pojok Lokal. Selain itu, jajanan yang terdapat di Pojok Lokal juga memiliki kisah tersendiri lho guys! Penasaran seperti apa kisah yang terjadi dibalik pembuatan jajanan yang tersedia di Pojok Lokal? Langsung aja yuk simak video berikut ini!

Nah buat kalian yang penasaran seperti apa wujudnya toko kelontong ini, kalian bisa unduh aplikasi AYO SRC yang sudah tersedia di Google Play Store ya! Selamat mencoba! (adv) (Wil)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini