nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Jadi Anak Buah Nadiem Makarim? Kemendikbud Buka Lowongan CPNS 2.196 Formasi

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 13:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 29 320 2123062 mau-jadi-anak-buah-nadiem-makariem-kemendikbud-buka-lowongan-cpns-2-196-formasi-oRlrSgoo3a.jpg Nadiem Makarim (Kemendikbud)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah resmi mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini menyusul ditandatanganinya surat pengumuman pendaftaran CPNS 2019 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

Melalui surat tersebut, diketahui pendaftaran akan mulai berlangsung pada tanggal 11 November 2019 secara online melalui SSCASN BKN. Satu orang pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda.

 Baca juga: Cek Persyaratan CPNS 2019, Pelamar Harus Kirim Foto Selfie!

Pada rekrutmen kali ini, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengumumkan bahwa CPNS akan dibuka pada 68 kementerian/lembaga dan 462 pemerintah daerah. Adapun total jumlah alokasi formasi sebanyak 37.425 untuk instansi pemerintah pusat dan 114.861 untuk instansi pemerintah daerah.

 Nadiem Makarim

Dengan demikian, para CPNS yang nantinya terpilih akan membantu menteri-menteri yang ada. Salah satu kementerian yang membuka formasi adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (plus formasi Dikti).

 Baca juga: Butuh 3.958 Pegawai Baru, Jakarta Instansi Daerah dengan Formasi CPNS Terbanyak

Pasalnya, kementerian di bawah mantan Bos Gojek Nadiem Makarim ini membuka formasi sebanyak 2.196, yang akan disalurkan ke Kemendikbud untuk membantu Menteri Nadiem. Mereka yang pantas akan langsung menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Perlu diingat, Nadiem tidak mendapatkan wakil menteri, seperti beberapa kementerian lainnya. Maka dari itu wajar jika pegawai yang dibutuhkan mencapai angka 2.000-an.

Selain itu, dalam CPNS 2019, kementerian yang paling banyak membuka formasi adalah Kementerian Agama yang memiliki jumlah alokasi formasi 5.815, atau lebih dari 2 kali lipatnya kementerian yang diasuh oleh Nadiem.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini