nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Kebiasaan yang Bakal Pacu Produktivitas Kerja

Delia Citra, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 14:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 29 320 2123226 10-kebiasaan-yang-bakal-pacu-produktivitas-kerja-Ykg9qf9aWC.jpg Tenaga Kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kekuatan nyata dalam rutinitas adalah cara mereka dapat membantu kita dalam membangun momentum, menghentikan kebiasaan buruk, memprioritaskan hidup dan membuat kita lebih efisien.

Oleh karena itu, cobalah beberapa saran ini untuk menemukan mana yang akan kamu jadikan rutinitasmu.

 Baca Juga: Jam Kerja Kamu Panjang? Ini Tips Menghibur Diri ala Orang Korsel

Berikut adalah 10 rutinitas kuat yang akan menambah produktivitas kamu dilansir dari Entrepreneur.com, Rabu (30/10/2019).

1. Bangun Tepat Waktu

Secara pribadi, saya harus bangun pagi. Alih-alih memaksakan diri untuk bangun jam 5 pagi, perhatikan ritme sirkadian spesifik kamu. Kedengarannya sederhana, tetapi tubuh kamu akan memberi tahu kamu kapan waktunya tidur, bangun, makan, dan bahkan berolahraga.

 Baca Juga: Semakin Banyak Karyawan Memilih Bekerja di Hari Libur, Ini Alasannya!

Hal ini memberi tahu kamu jam paling produktif untuk mu. Mengetahui hal ini, kamu akan dapat tidur secara konsisten dan merencanakan hari-hari di sekitar dan meningkatkan energi kamu.

2. Jauhi Telepon Saat Pertama Kali Bangun

Ketika kamu bangun dan membuka mata, hal pertama yang biasa dilakukan yaitu mengambil telepon. Hal ini tentunya salah. Menurut pakar kinerja otak Jim Kwik, kamu tidak boleh melihat telepon selama satu jam pertama hari itu.

Alasan utamanya adalah karena otak kamu sangat mudah dipengaruhi selama waktu ini. Sebagi hasilnya, ini melatih pikiran kita untuk menjadi terganggu karena pelepasan dopamin yang kita dapatkan dari perangkat elektronik kita. Produktivitas kamu juga menjadi hit untuk sisa hari itu karena kami ingin terus mengalami perasaan-perasaan baik itu. Jadi, alih-alih mulai bekerja, kami tetap terpaku pada telepon kami.

 Kerja Ilustrasi Shutterstock

3. Sarapan

Kamu membutuhkan bahan bakar untuk memberikan dan menambah energi sepanjang hari. Kamu tidak harus memakan donat dan minum minuman manis. Tetapi, pikirkan pilihan yang lebih sehat seperti telur, beri, alpukat, smoothie hijau, dan secangkir kopi. Selain energi yang akan kamu terima, jenis makanan ini baik untuk otak kamu dengan meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kamu.

4. Gerakkan Tubuh Kamu

 

Aktivitas fisik tidak hanya meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan dan latihan apapun akan membantu kamu menekan dan menjernihkan pikiran. Jika kamu berolahraga saat pertama kali bangun, bahkan sebelum sarapan, kamu bisa mengatasi rasa pening.

5. Baca

Selain menjaga kesehatan kamu, membaca adalah hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk diri sendiri. Ini membantu kamu mengembangkan ide dan perspektif baru. Tidak hanya itu, ini juga membantu mengurangi stres, memperluas pengetahuan kamu dan meningkatkan fungsi otak seperti memori, fokus, dan konsentrasi.

 wawancara kerja

6. Tentukan Keputusan

Kita semua memiliki kekuatan otak yang terbatas. Jika kamu menghabiskan terlalu banyak energi untuk membuat keputusan tingkat rendah, maka kamu akan mengalami kelelahan keputusan. Kamu tidak akan seproduktif saat mental kamu terkuras.

7. Berpakaian untuk Kesuksesan

 

Berbicara tentang pakaian, pastikan kamu berpakaian untuk sukses. Berpakaian dapat membuat kesan pertama yang bagus dan menggambarkan bentuk otoritas. Apakah kamu harus berpakaian resmi setiap hari? Tidak selalu. Tetapi kamu bisa mengenakan sesuatu yang lain selain celana olahraga dan kaos.

8. Fokus pada Diri

Dengan begitu banyak hal yang terjadi dalam hidup kamu, mudah untuk mengabaikan perawatan diri dan prioritas kamu sendiri. Tidak perduli seberapa hebatnya kamu, setiap orang membutuhkan waktu untuk beristirahat, bermain, dan belajar.

9. Sering Mengucapkan Terima Kasih

 

Salah satu cara paling sederhana untuk mengubah pola pikir kamu ke arah yang lebih positif adalah dengan mempraktikkan rasa terima kasih setiap hari. Ditemukan, bahwa mereka yang menghabiskan waktu lima menit menuliskan apa yang mereka syukuri telah meningkatkan rasa kesejahteraan sebesar 10 persen. Dan seperti yang kamu tahu, ketika suasana hati kamu lebih baik, biasanya kamu akan lebih produktif.

10. Tidur Nyenyak

Kurang tidur tidak hanya membuat kamu kelelahan, tetapi kamu juga akan mulai membuat kesalahan. Singkatnya, kurang tidur akan menghancurkan produktivitas kamu. Dengan mengingat hal itu, pastikan kamu mempertahankan siklus tidur dan bangun yang konsisten.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini