Milenial Mau Punya Mobil hingga Rumah? Wajib Buat Perencanaan Keuangan

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 29 320 2123291 milenial-mau-punya-mobil-hingga-rumah-wajib-buat-perencanaan-keuangan-01eS1Bjxha.jpg Akuntan (Shutterstock)

JAKARTA - Sebagian orang mungkin masih belum terlalu memerhatikan perencanaan keuangan. Bahkan, tidak sedikit yang belum mengetahui apa kegunaannya dalam kehidupan.

Padahal perencanaan keuangan sangatlah penting. Bukan tidak mungkin hal tersebut akan dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.

 Baca juga: Gaji Bulanan Sering Habis Sebelum Akhir Bulan? Cobain Tips Ini

Ketika seseorang telah memiliki penghasilan atau memperoleh pendapatan, seharusnya ia telah mengerti ke mana dan bagaimana jumlah-jumlah tersebut harus dialokasikan. Hal tersebut demi tercapainya tujuan-tujuan hidup alias goal life yang telah ditentukan.

 Akuntan

Perencana keuangan Eko Endarto mengatakan, sangat penting bagi seseorang untuk memiliki perencanaan keuangannya sendiri. Melalui perencanaan, seseorang akan lebih mudah dalam mencapai tujuan yang telah ditentukannya, seperti memiliki rumah, mobil, dan aset lainnya pada usia tertentu.

 Baca juga: Selesaikan Utang dengan Utang Bukan Solusi, Simak Tipsnya di Sini

"Pastinya sangat penting punya perencanaan, sebab dengan demikian kita punya batasan kapan harus dicapai dan bagaimana cara mencapainya," tutur Eko saat dihubungi Okezone, Rabu (30/10/2019).

Menurutnya, perencanaan keuangan bisa menjadi batasan dalam menggunakan uang kamu, salah satu faktornya adalah waktu penggunaan. Tanpa adanya batasan waktu dan cara dalam mencapainya, maka bukan tidak mungkin bahwa tujuan keuangan kamu tidak akan terwujud.

Terkait penentuan batasan waktu tersebut, Eko mengaku bahwa sebaiknya dimulai saat seseorang telah memiliki penghasilan. Termasuk penghasilan yang didapatkan dari orang tua ketika masih berkuliah.

Hal itu karena saat masih menerima pemasukan dari orang tua, bisa jadi jumlah tersebut masih lebih besar jika dibandingkan dengan penghasilan pribadi saat baru mulai bekerja pertama kali.

"Sebaiknya setelah memiliki penghasilan langsung buat perencanaan. Sebab sangat mungkin terjadi, penghasilan saat kuliah (jumlahnya) bisa lebih kecil dari gaji pertama," jelas Eko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini