nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Isi Ulang Baterai Kendaraan Listrik Gratis hingga Akhir Tahun

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 20:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 29 320 2123331 isi-ulang-baterai-kendaraan-listrik-gratis-hingga-akhir-tahun-LTyokcAbD0.jpg Ilustrasi Mobil Listrik. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menggratiskan biaya pengisian kendaraan listrik di seluruh stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) miliknya di seluruh Indonesia. Promo ini berlangsung sampai akhir tahun 2019.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, dengan adanya promo ini diharapkan minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik bisa tinggi. Oleh dirinya mengajak, masyarakat bisa langsung memiliki kendaraan listrik agar bisa menikmati promo ini.

Baca juga: Dukung Kendaraan Listrik, PLN Pasang 5 Stasiun Pengisian di 4 Kota

"Tarifnya saya kasih gratis sampai Desember 2019. Pokoknya semua charging station milik PLN yang ada di Jakarta," ujarnya saat ditemui di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Hingga saat ini PLN sudah membuka beberapa SPKLU di daerah. Khusus di Jakarta saja ada sekitar lima SPKLU milik PLN.

Kelima SPKLU tersebut tiga di antaranya berada di Kantor PLN Disjaya dengan tiga tiper berbeda. Ketiga jenis tersebut yakni ultra fast charging, fast charging dan medium charging.

Mobil listrik

Satu ultra fast charging memiliki daya hingga 150 kw bisa mengisi daya listrik dengan waktu 20 menit. Dua jenis SPKLU lainnya ada fast charging dengan kapasitas 50 kw, dan medium charging dengan kapasitas 24 kw.

Baca juga: Menko Luhut: VW hingga Mercedes Minat Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Sementara dua sisanya berada di wilayah Bulungan di Kantor Pusat PLN. Satu laginya berada di Mall Senayan City sebagai satu-satunya mall di Jakarta yang memiliki charging station.

"Ada 5 (unit). Di sini 3 kemudian di PLN Bulungan 1 dan 1 lagi di Senayan City," ucapnya.

Tak hanya di Jakarta, PLN juga mulai membuka charging station di beberapa kota. Misalnya di wilayah Tangerang Selatan tepatnya di Mall Aeon BSD, di Bandung dan Bali.

Ke depannya, PLN akan terus menambah SPKLU di seluruh Indonesia, bahkan sudah ada 20 perusahaan swasta dan BUMN yang melakukan kerjasama dengan PLN terkait pembuatan SPKLU ini. Khusus di Jakarta, dia menargetkan ada 20 SPKLU hingga akhir tahun ini

motor listrik

"Sekarang Angkasa Pura sudah pasang di bandara dan beberapa mall sudah pasang sendiri sebenarnya seperti Pacific Place sudah ada di bawah itu charging buat yang parkir di sana," jelasnya.

Ikhsan menambahkan investasi gang dikeluarkan tidaklah kecil. Pasalnya, untuk membeli satu unit jenis fast charging PLN mengeluarkan uang sebesar Rp800 jutaan.

"Saya kira tidak ada bicara rugi di sini ya, karena ini kan investasi masa depan, ini kan bisnis masa depan. Sebenarnya mengajak swasta dan BUMN lain untuk sama-sama mengembangkan charging station," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini