nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

15 Ide Gila Elon Musk, dari Tinggal di Mars hingga Kecerdasan Buatan

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 08:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 04 320 2125596 15-ide-gila-elon-musk-dari-tinggal-di-mars-hingga-kecerdasan-buatan-Wku9IN66rU.jpg Founder Tesla Elon Musk. (Foto: Okezone.com/Getty Images)

JAKARTA - CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk memiliki sudut pandang menarik dalam melihat dunia dan alam semesta. Sperti ketika dia mengatakan dalam akun twitternya soal Nuke Mars. Hal itu mengulangi statement yang dia ungkapkan pada The Late Show With Stephen Colbert di 2015 silam.

Kala itu, Musk berkata bagaimana memukul Mars dengan senjata termonuklir. Tujuannya supaya dapat menghangatkan planet merah tersebut.

Di bawah ini, 16 pandangan paling gila Musk tentang segala sesuatu mulai dari Mars hingga alam semesta.

1. Musk ingin mengirim manusia ke Mars pada 2024

“Kami membuat pesawat kargo ke Mars yang dapat diandalkan,” ungkapnya pada Juni 2016. “Pertemuan orbit Bumi-Mars hanya setiap 26 bulan, jadi akan ada satu di 2018, satu lagi ada di 2020. Saya kira jika semua berjalan sesuai rencana, kita akan dapat meluncurkan orang mungkin pada 2024, dengan kedatangan tahun 2025,” ujar Musk dikutip dari Business Insider, Selasa (5/11/2019).

Baca Juga: Cerita Keluarga Miliarder Ted Lerner, Pemilik Tim Baseball Bernilai USD1,8 Miliar

Musk mengulangi timeline pada 2017, meskipun dia tidak memenuhi timeline untuk mengirim penerbangan kargo ke Mars pada tahun 2018.

2. Dia membagi gagasannya soal Mars

“Saya berpikir kemungkinan besar, bentuk pemerintah Mars akan menjadi demokrasi langsung, tidak representatif,” ucapnya saat konferensi Code pada 2016.

Elon Musk

“Jadi itu akan membuat masyarakat memberikan suara langsung pada suatu masalah. Dan saya pikir itu mungkin lebih baik karena potensi demokrasi berkurang secara substansial.

3. Musk tidak hanya tertarik pada keadaan masyarakat di Mars. Dia juga ingin kotanya berkembang.

Musk menyatakan pada Reddit AMA tahun 2016, soal keinginannya agar planet merah itu memasukkan segalanya.

Baca Juga: 10 Prinsip Jadi Pemimpin Sukses Ala Bos Disney

4. Musk juga mengatakan siapapun yang melakukan perjalanan pertama ke Mars harus siap mati.

“Perjalanan pertama menuju Mars akan sangat berbahaya. Risiko kematian akan tinggi. Tidak ada jalan lain,” ujarnya tahun 2016.

5. Dia mengatakan memukul Mars dengan senjata termonuklir dapat menghangatkan planet dan menciptakan menciptakan (dua planet) yang setara dengan dua matahari di atas kutub planet.

Pada Agustus, Musk bercuit di Twitter, “Nuke Mars,” dan menyarankan agar Ia membuat kaos dengan kalimat itu.

6. Jika Mars tidak menarik perhatian, masih bisa naik roket SpaceX untuk melakukan perjalanan ke seluruh dunia.

"Sebagian besar orang menganggap perjalanan jarak jauh akan selesai dalam waktu kurang dari setengah jam," katanya di Kongres Astronautika Internasional di Adelaide, Australia pada 2017.

7. Tapi, jika Anda memutuskan untuk mengambil risiko pergi ke Mars, Musk mengatakan, mati di luar angkasa bukan hal yang buruk.

“Saya pikir jika Anda memilih tempat untuk mati, Mars bukan pilihan yang buruk,” ujarnya tahun 2016 silam.

8. Musk membujuk orang agar tidak menggunakan teknologi mengemudi semi otomatis

Musk membuat pernyataan pada Oktober 2016, ketika mengkritik liputan media tentang kecelakaan yang melibatkan kendaraan Tesla menggunakan autopilot.

“Satu hal yang harus saya sebutkan, terus terang, sudah cukup mengganggu saya, adalah tingkat peliputan media tentang kecelakaan autopilot. Pada dasarnya hampir tidak ada kerelatifitasan terhadap kurangnya liputan media. 1,2 Juta orang yang meninggal tiap tahun dalam kecelakaan manual. Dan pikirkan baik-baik tentang ini. Karena jika menulis beberapa artikel (mengenai autopilot), anda secara efektif mencegah orang menggunakan kendaraan autonomous, Anda membunuh orang,” tuturnya.

Elon Musk

9. Dia juga membandingkan sebuah perusahaan yang menerima tanggung jawab atas kecelakaan yang melibatkan mobil yang dikemudikan sendiri .

“Tidak, saya pikir itu akan menjadi asuransi individu. Apakah Tesla menerima tanggung jawab jika mampu mengembangkan mobil self-driving dan mereka mendapat kecelakaan,” ,” tukas Musk di 2016.

10. Tapi ini debat yang bagus, karena lebih mungkin daripada hidup dalam simulasi daripada kenyataan yang sebenarnya, kata Musk.

"Ada peluang satu miliar untuk hidup dalam realitas dasar," katanya tahun 2016 silam.

11. Hidup seperti simulasi

Faktanya, kata Musk, manusia harus hidup disebuah simulasi. Sebab sesuatu bisa menjadi sangat buruk.

“Dapat dikatakan, kita harus berharap bahwa itu benar, sebab kalau peradaban berhenti maju, beberapa peristiwa bencana akan menghapus peradaban. Jadi mungkin kita harus berharap ini adalah simulasi, karena jika tidak, kami akan membuat simulasi yang tidak bisa dibedakan dari kenyataan atau peradaban tidak ada lagi,” ujar Musk di 2016.

12.  Manusia menjadi cyborg

Musk mengungkapkan, kemampuan kita untuk hadir secara digital melalui email dan media sosial memberi kita kekuatan super seperti cyborg.

“Anda punya kekuatan lebih dari Presiden Amerika Serikat 20 tahun lalu. Anda bisa menjawab berbagai pertanyaan, bisa bervideo dengan siapa saja, di mana saja. Bisa mengirim pesan ke jutaan orang secara instan. Lakukan saja hal-hal luar biasa.”

13.Cyborg

Manusia harus mengambil sisi cyborg lebih jauh dan menambahkan lapisan digital kecerdasan ke otak supaya tidak menjadi ‘kucing rumahan’. Untuk itu dibutuhkan kecerdasan buatan.

Elon Musk

“Saya tidak suka ide menjadi ‘kucing rumahan’, tetapi apa solusinya? Saya pikir salah satu solusi yang terbaik adalah menambahkan lapisan AI (Artificial Intelligence). Lapisan ketiga digital yang bisa bekerja dengan baik dan simbiotik  ke seluruh tubuh,"ujar Musk pada 2016.

14. Kecerdasan buatan menjadi ancaman terbesar

“Jadi, kita harus sangat hati-hati dengan Artificial Intelligence (AI). Saya semakin cenderung berpikir bahwa harus ada pengawasan regulasi, mungkin di tingkat nasional dan internasional, hanya untuk memastikan bahwa kami tidak melakukan sesuatu yang sangat bodoh. Dengan kecerdasan buatan, kita memanggil iblis,” ujar Musk pada 2014.

15. Musk mendanai startup

Dia ingin menanamkan chip ke otak manusia untuk membuatnya seperti otak komputer. Tujuan akhir Neuralink untuk mencapai simbiosis dengan kecerdasan buatan.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini