nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buka Galeri Investasi, Investor Saham di Bengkulu Tembus 5.000 Orang

Demon Fajri, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 14:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 05 278 2125974 buka-galeri-investasi-investor-saham-di-bengkulu-tembus-5-000-orang-cEp8E4xa89.jpg Peresmian Galeri Investasi (Foto: Okezone.com/Demon)

BENGKULU - Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi mengatakan, saat ini di provinsi Bengkulu telah hadir galeri investasi (GI) Bursa Efek Indonesia (BEI) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bengkulu.

GI BEI STIA, kata Hasan, merupakan GI ke-VII yang telah diresmikan di provinsi berjuluk 'Bumi Rafflesia'. ''Alhamdulillah sudah diresmikan GI BEI STIA. Ini GI-BEI ketujuh di Bengkulu,'' kata Hasan ketika peresmian GI-BEI STIA Bengkulu, Selasa (5/11/2019).

 Baca Juga: Tiada Batas, MNC Sekuritas Kembangkan Inovasi Majukan Pasar Modal Indonesia

Tingkat pertumbuhan investasi di Indonesia, terang Hasan, Bengkulu termasuk tinggi. Di mana investor di Bengkulu sudah ada 5.000 investor. Ribuan investor tersebut masih terbuka dan tumbuh dengan cepat.

Hal tersebut, lanjut Hasan, tentu tidak terlepas dari dukung dari berbagai pihak. Bahkan, kata Hasan, pertumbuhan investor di Bengkulu juga harus didukung sarana serta edukasi kepada masyarakat.

Terpenting, sampai Hasan, adanya pemahaman. Sebab, tingkat pemahaman masyarakat sangat beragam. Hasan mencontohkan, apa itu pasar modal, investasi saham-saham.

 Baca Juga: MNC Sekuritas Kenalkan Investasi Saham sambil Ngopi

GI, sambung Hasan, menjadi gerbang terdepan untuk menjangkau langsung ke masyarakat. Ke depannya, jelas Hasan, masyarakat akan diberi studi pasar modal. Melalui pemahaman cara peningkatan sarana pendirian serta seminar-seminar.

''Semangat untuk mengedukasi publik pemahaman yang lengkap menjadi sarana yang baik,'' kata Hasan.

 Galeri Investasi

GI BEI STIA, sampai Hasan, dapat memulai investasi Rp100.000 untuk investasi. Di mana anggota bursa yang akan mendaftar akan di edukasi secara bertahap. Ruang pertumbuhan investor, kata Hasan, masih sangat lebar.

''Keberhasilan satu orang bisa menjadi sadar berinvestasi. Ini dapat mengubah pola hidup dengan menabung saham,'' kata Hasan.

Ditambahkan Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina, saat ini MNC Sekuritas sudah hadir di Bengkulu. Di Indonesia, kata Susy, sudah hadir sebanyak 91 MNC Sekuritas.

Bengkulu, sampai Susy, merupakan pasar potensial bagi masyarakat dan mahasiswa untuk berinvestasi saham. Hal tersebut, sambung Susy, MNC Sekuritas akan kembangkan di Bumi Rafflesia.

''Pasar potensial harus kita kembangkan,'' kata Susy.

 Galeri Investasi

Dilanjutkan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Adminitrasi Bengkulu Marjoyo mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan semaksimal mungkin fasilitas GI-BEI. Mulai dari tempat serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Fasilitas tersebut, terang Marjoyo, masyarakat umum dan mahasiswa dapat berinvestasi secara langsung di GI-BEI STIA Bengkulu. Terkhusus untuk kalangan mahasiwa STIA Bengkulu, akan ditunjang dengan mata kuliah bisnis.

Marjoyo menyampaikan, nantinya mahasiswa STIA Bengkulu akan diberikan secara langsung pengertian apa itu saham.

''Kami akan melibatkan secara langsung 1.000 mahasiswa dan dosen,'' demikian Marjoyo.

Sebagaimana diketahui, dalam peresmian GI-BEI STIA Bengkulu, sempat hadir kepala unit pengelolaan wilayah 1-Divisi Pengembangan Pasar, PT BEI, Nur Rachma Handayanie, kepala kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Bengkulu, Bayu Saputra, Ketua Galeri Investasi (GI) BEI STIA Bengkulu, Ovita Charolina

Selain itu, dalam peresmian itu tamu undangan sempat menyaksikan sistem online AB atau membaca harga saham, proses jual/beli, posisi IHSG dan IDX Channel.

Pada kesempatan yang sama dalam peresmian GI-BEI STIA Bengkulu juga digelar Seminar Pasar Modal, dengan narasumber BEI yang mengangkat tema Investasi di Pasar Modal Indonesia, serta MNC Sekuritas dengan tema Investasi Saham itu Mudah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini