nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kriteria Bos Holding Tambang versi Menteri BUMN Erick Thohir

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 13:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 05 320 2125928 kriteria-bos-holding-tambang-versi-menteri-bumn-erick-thohir-FisETo2BTj.jpeg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka-bukaan tentang calon bos Holding Tambang. Asal tahu saja saat ini posisi Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Utama Holding Tambang diisi oleh Ogi Prastomiyono.

Hal tersebut menyusul diangkatnya Bos Lama Holding Tambang Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Menteri BUMN. Budi Gunadi dipercaya untuk berduet dengan Mantan Bos Mandiri Kartika Wirjoatmodjo untuk membantu Erick Thohir.

Baca Juga: Holding BUMN Infrastruktur dan Perumahan Tinggal Tunggu Jokowi

Menurut Erick ada beberapa kriteria yang akan menduduki bos Holding BUMN Pertambangan tersebut. Pertama adalah harus memiliki pengalaman dan ahli di bidang keuangan.

Menurutnya, sebagai perusahaan holding keahlian financial sangat penting untuk memastikan perusahaan selalu sehat. Apalagi, Holding Tambang juga membawahi banyak perusahaan tambang milik negara.

Bertempat di Gedung HighEnd, Erick Thohir Pimpin Rapat Perdana Tim Jokowi-Ma'ruf Amin 

"Pasti kita mengharapkan dia punya background financial yang kuat karena memang kan sebagai holding dia harus mengerti kondisi keuangan dari anak perusahaannya," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Kriteria yang kedua adalah harus memiliki pengalaman di bidang pertambangan. Menurut Erick, kriteria tersebut sangat penting karena basic dari perusahaan ini adalah bergerak di industri pertambangan.

Tak hanya itu anak usaha holdingnya pun memiliki lini bisnis di bidang pertambangan. Sehingga sangat wajar jika Holding Tambang memerlukan Dirut yang bisa mengatur keuangan dan juga ahli di bidang pertambangan.

Bertempat di Gedung HighEnd, Erick Thohir Pimpin Rapat Perdana Tim Jokowi-Ma'ruf Amin

Dari kriteria di atas, Mantan Ketua Inasgoc ini sebenarnya sudah memiliki nama yang akan mengisi bos Holding Tambang. Hanya saja dirinya belum mau menyebutkan nama tersebut termasuk juga kapan akan dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) nya.

"Yang kedua karena ini banyak industri pertambangan ya kita harapkan juga orang yang punya background di pertambangan. Apalagi kan definisinya di anak perusahaan cukup berbeda ada Antam ada batubara ada lain lain," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini