nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nuklir Bisa Bikin Ekspor Buah Kian Moncer, Begini Caranya!

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 14:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 05 320 2125982 nuklir-bisa-bikin-ekspor-buah-kian-moncer-begini-caranya-gRuOCvIYoH.jpg Nuklir Memberi Manfaat untuk Ekspor Buah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN), menilai bahwa nuklir memberikan manfaat untuk mendukung ekspor komoditas pangan. Di mana Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) telah mengkaji dan merealisasikan pemanfaatan nuklir untuk sektor industri pangan.

Baca Juga: Fakta Ekspor Bijih Nikel Disetop, Smelter Banyak Dibangun di Indonesia

Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan, teknologi nuklir di sektor pangan bisa membantu mendorong ekspor, hal tersebut berdasarkan riset Batan terkait penguatan industri pangan yang sudah dikembangkan.

Ekspor Buah dengan Nuklir

"Saya kemarin dari Batan dikasih buah-buahan. Di mana buah-buahannya sudah dibersihkan dari semua bakteri. Dan pembersihan dengan memanfaatkan nuklir tersebut juga mampu mensterilkan hasil produksi dari lalat buah," ujar dia di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Baca Juga: Ekspor Nikel Distop, Kepala BKPM Heran Masih Ada Pengusaha yang Ribut

Menurut dia, selama ini banyak buah dari Indonesia tidak bisa tembus pasar ekspor karena teridentifikasi dan terkontaminasi lalat buah. Salah satunya yakni, produk buah dari sini kadang-kadang tidak bisa tembus ekspor ke suatu negara, karena lalat buah.

"Jadi, gara-gara bakteri yang masih ada yang tidak bisa dihilangkan dengan teknologi biasa," ungkap dia.

Maka itu, lanjut dia, memanfaatkan nuklir permasalahan itu sudah bisa diatasi. Hal ini berdampak langsung terhadap peningkatan ekspor.

"Sekarang ada teknologi nuklir yang bisa membersihkan buah tersebut sehingga bisa diekspor. Inilah salah satu contoh inovasi yang bisa langsung berimpact kepada peningkatan ekspor," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini