Erick Thohir Bentuk Satgas Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 05 320 2126006 erick-thohir-bentuk-satgas-kereta-cepat-jakarta-bandung-UrQXdEhmb3.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membentuk satuan tugas (Satgas) proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Hal ini dilakukan dalam rangka mempercepat pengerjaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Erick menjelaskan, nantinya ketua satgas akan dipimpin oleh Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra. Lewat pembentukan ini seluruh koordinasi akan berada di tangan Direktur Utama KCIC.

Baca Juga: Halangi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Sutet PLN Digeser

"Kereta cepat kita sudah bikin task force kemarin di mana pimpinannya pak dirut kereta cepat Pak Candra langsung," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Kereta Cepat

Tak hanya pembentukan satgas, nantinya pembahasan mengenai Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dibahas soal intensif. Sebab rapat mengenai Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dilakukan setiap dua minggu sekali.

Baca Juga: Dipanggil Erick Thohir, Bos KAI Diminta Percepat Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Saya rubah konsepnya di task force selain rapat yang kontinyu per dua minggu kalau isu-isu yang urgent tapi kalau mengenai financial bisa bulanan, tapi kita tidak hirarki lagi jadi saya, pak wamen semua direksi yang hadir kita tidak ada pangkatnya. Jadi pangkat tertinggi pimpunan task forcenya," jelasnya.

Pembentukan satgas ini sengaja dilakukan untuk mempermudah koordinasi antar kelompok. Tujuannya supaya tak ada lagi kasus proyek molor seperti yang terjadi pada Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek.

"Selama kita bisa mendukung hal juta bisa mendukung hal-hal yang bisa kita laksanakam bersama sampai nanti kereta cepat Jakarta-Bandung delay, jangan sampai mengalami hal seperti MRT yang delay 1 tahun, lalu LRT Jakarta-Bogor juga delay ini kita coba kereta cepat jangan delay," kata Erick

Menurut Erick, Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini sangat penting untuk melancarkan proyek proyek selanjutnya. Karena proyek kereta cepat pertama di Indonesia ini bisa jadi akan dilanjutkan hingga Surabaya.

"Apalagi aka disambung ke Surabaya juga nantinya. Kalau ini delay rakyat Indonesia bisa menjadi tempat percepatan ekonomi di sektitarnya jadi lama juga," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini