nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Cara Dapat Uang Tambahan, Nomor 9 Berani Coba?

Delia Citra, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 06:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 06 320 2126557 10-cara-dapat-uang-tambahan-nomor-9-berani-coba-0vPW7nbtnn.jpg Laporan Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ketika kekurangan uang, biasanya orang berpikir untuk bekerja lebih lama atau kerja lembur. Tapi sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan bahkan tanpa harus mengganggu waktu kamu.

Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa waktu jauh lebih berharga daripada uang. Sementara uang bisa dihabiskan dan diperoleh, waktu hanya bisa dihabiskan satu kali, lalu hilang selamanya. Seiring bertambahnya usia, kita memahami pentingnya waktu dan dapat dengan bebas memilih apa yang kita lakukan dengan saat-saat berharga dalam hidup.

 Baca juga: Ingin Punya Bisnis Sampingan? Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini

Salah satu cara untuk menambah penghasilan yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki penghasilan pasif. Hanya saja, untuk memperoleh dan mempertahankan sumber penghasilan pasif harus menamakan modal terlebih dahulu. Tetapi, ada juga beberapa sumber pendapatan pasif yang bisa dihasilkan dengan kekreatifitas, seperti menciptakan sesuatu yang unik.

Berikut adalah 10 ide yang dapat dilakukan untuk menambah penghasilan pasif dilansir dari Entrepreneur.com.

blog

1. Memulai dengan Blog

Salah satu metode yang paling penting untuk menghasilkan pendapatan pasif adalah memulai blog. Blog dapat menghasilkan banyak sekali pendapatan, tetapi tidak dengan cepat. Jika kamu berencana untuk memulai blog, pahami terlebih dahulu bahwa itu akan membutuhkan banyak kerja dan waktu untuk berhasil.

Tetapi, selama kamu memiliki pemahaman yang jelas tentang hal-hal seperti optimisasi mesin pencari, pemasaran media sosial dan kemampuan untuk menulis konten bernilai tinggi, maka kamu akan berhasil dengan blog.

Karena, setelah blog kamu menjadi populer, ia akan memberi kamu platform dan audiens untuk menghasilkan beberapa aliran pendapatan dengan memasarkan produk dan layanan yang relevan kepada pengunjung atau pembaca kamu.

2. Tulis dan Terbitkan e-Book

Metode lainnya untuk menghasilkan sejumlah pendapatan pasif yang besar lainnya adalah menulis dan menerbitkan ebook. E-book non-fiksi yang membantu mengedukasi audiens kamu tentang topik-topik seperti pemasaran online, bisnis, atau bidang pengembangan diri lainnya akan menjual jauh lebih baik daripada buku fiksi.

3. Buat Kursus Online

Jika kamu memiliki keterampilan teknis dan ingin menyampaikan keterampilan itu kepada orang lain di luar sana sambil menghasilkan pendapatan pasif yang sehat, hal itu bisa dilakukan dengan cara membuat kursus online seperti Udemy adalah cara terbaik untuk mengotomatisasi sebagian dari arus kas.

Baca juga: Era Digital, Perhatikan 5 Hal Ini Supaya Bisnismu Up to Date

4. Menjadi Pemasar Afiliasi

Pemasaran afiliasi kemungkinan merupakan salah satu cara paling ampuh yang dapat dilakukan untuk menghasilkan banyak aliran pendapatan pasif. Tetapi, ini tidak mudah dengan ukuran apapun. Untuk berhasil di pemasaran afiliasi, kamu membutuhkan banyak pengguna. Dengan kata lain, kamu membutuhkan platform dan audiens yang besar.

5. Hasilkan Pendapatan dari Sewa Properti

Properti sejak lama sudah menjadi sumber pendapatan pasif. Investor dan pemilik telaha memilih untuk menyewakan rumah, apartemen, kondominium dan ruang kantor untuk menghasilkan pendapatan bulanan yang sehat. Jelas, properti adalah sumber yang bagus untuk menghasilkan pendapatan otomatis, tetapi juga membutuhkan investasi dimuka yang cukup besar.

Rumah

6. Jual Produk Digital

Etsy adalah sumber daya besar bagi orang yang ingin menjual semua jenis barang kerajinan tangan. Jika kamu memiliki jenis barang kerajinan tangan, kamu bisa menjual produk digital di Etsy. Produk-produk digital ini hanya membutuhkan sedikit atau tidak ada pemeliharaan begitu produk tersebut mulai beroperasi. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah meluangkan waktu untuk menciptakan produk digital dan mengatur daftar kualitas.

7. Membuat Video Tutorial di Youtube

Youtube adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan aliran besar pendapatan pasif. Meskipun tidak mudah, tetapi secara efektif diperlukan jutaan tampilan untuk memperoleh penghasilan nyata dari aliran ini. Youtube juga menawarkan biaya yang hemat ke pasar.

8. Jual Foto Profesional Secara Online

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan pasif adalah dengan memanfaatkan situs-situs penjualan foto seperti iStockPhoto dan Shutter Stock untuk mendapatkan uang bahkan saat kamu sedang tidur. Jelas, kamu perlu memahami terlebih dahulu mengenai fotografi dan hal-hal seperti Photoshop jika kamu serius ingin berhasil dalam bisnis penjualan foto.

kartu

9. Manfaatkan Cash Back

Kartu kredit maupun uang elektronik menawarkan sumber tambahan yang bagus untuk mendapatkan cash back, terutama jika menggunakan uangmu secara masif. Meskipun aliran pendapatan ini kemungkinan tidak akan membuat kaya, tetapi akan membantu memberi kamu beberapa imbalan pada uang yang kemungkinan besar sudah kamu belanjakan dalam kehidupan sehari-hari.

10. Beli Saham

Dividen saham adalah sumber yang bagus untuk untuk menghasilkan pendapatan pasif. Kamu juga tidak perlu menjual stok untuk menghasilkan pendapatan itu. Namun, kamu perlu membeli sejumlah besar saham untuk melihat aliran pendapatan yang sehat dari saham dividen apa pun yang kamu pilih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini