nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Tetap Jadi Orang Terkaya di China

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Kamis 07 November 2019 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 07 320 2126872 pensiun-dari-alibaba-jack-ma-tetap-jadi-orang-terkaya-di-china-r5LCwuP06n.jpg Pendiri Alibaba Jack Ma (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Forbes telah merilis daftar orang terkaya di China dalam 400 China Rich List 2019. Lebih dari separuh orang terkaya ini mengalami kenaikan kekayaan dari tahun lalu, meskipun seperempat di antaranya mengalami penurunan.

Dalam daftar tersebut, Jack Ma masih menempati posisi pertama pasca pensiunnya ia di usia Alibaba yang ke-20 tahun ini. Dirinya tercatat memiliki nilai kekayaan bersih sebesar USD38,2 miliar atau sekira Rp536,2 triliun, demikian seperti dilansir dari Forbes, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Baca Juga: 5 Kampus Penghasil Miliarder, Paling Banyak Harvard

Bukan tanpa alasan, sumber kekayaan utama pria yang pensiun di usianya yang ke-55 tahun ini berasal dari e-commerce, serta beberapa investasinya di luar Alibaba. Investasi tersebut termasuk dengan saham di perusahaan industri hiburan Cina Huayi Brothers dan Beijing Enlight Media.

Pada tahun 1999, Jack Ma mendirikan Alibaba. Dia mengawali usahanya di sebuah apartemen kecil yang berlokasi di Hupan Garden, Hangzhou, China. Alibaba group sendiri merupakan e-commerce terbesar di China yang kini sudah bertransformasi menjadi perusahaan teknologi konglomerasi yang menguasai bisnis logistik, pengiriman makanan, e-commerce hingga cloud computing.

jack ma

Pada bulan September 2019 lalu, Jack Ma mengundurkan diri sebagai ketua eksekutif Alibaba. Dia kemudian digantikan oleh CEO Daniel Zhang. Mantan guru bahasa Inggris ini tercatat melakukan IPO 2014 di New York menetapkan rekor sebagai penawaran saham publik terbesar di dunia, mengumpulkan USD25 miliar.

Sebagai informasi, untuk masuk ke dalam daftar ini, mereka harus memiliki kekayaan bersih setidaknya sebesar USD1 miliar. Itu artinya, standar yang Forbes berikan menjadi lebih tinggi dibanding tahun lalu di mana kekayaan bersih minimum yang ditetapkan yaitu sebesar USD840 juta. Hal ini juga yang membuat total kekayaan dari 400 orang terkaya di China naik lebih dari seperlima dari tahun lalu, yaitu mencapai USD1,29 triliun.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini