nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kadin Beri PR ke Wishnutama, dari Jumlah Wisman hingga Unicorn

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 14:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 07 320 2126906 kadin-beri-pr-ke-wishnutama-dari-jumlah-wisman-hingga-unicorn-ontLEkQCMJ.jpg Menparekraf Wishnutama (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani menitipkan tuas berat kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama. Karena menurutnya, ada dua sektor yang disatukan setelah sebelumnya antara Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan lembaga yang berbeda.

Menurut Rosan, kedua industri ini memegang peranan penting bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Misalnya adalah pada sektor pariwisata yang saat ini masih menjadi penyumbang terbesar dan nomor satu penyumbang devisa negara.

 Baca juga: Menhub Ingin Pariwisata Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

"Penyumbang nomor satu terbesar devisa negara kita dan tentunya menuju arah situ pekerjaan rumahnya (PR)-nya banyak kita," ujarnya dalam acara Rakornas Kadin di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

 Wishnutama

Menurut Rosan saat ini masih banyak yang perlu dibenahi pada industri pariwisata dalam negeri. Karena saat ini, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Indonesia masih kalah jauh dari negara-negara tetangga.

 Baca juga: Duet Wishnutama-Angela Targetkan Pariwisata Jadi Penyumbang Devisa Terbesar Indonesia

Sebagai gambaran, hingga saat ini jumlah wisman Indonesia baru 15,85 juta. Sedangkan Singapura sudah menyentuh 18 juta wisatawan. Sementara jika dibandingkan dua negara tetangga lainnya seperti Thailand dan Malaysia Indonesia sangat jauh tertinggal.

Pasalnya, jumlah wisatawan mancanegara Malaysia kini sudah menyentuh angka 25 juta. Sedangkan Thailand jauh lebih tinggi lagi dengan 48 juta wisatawan mancanegara hingga saat ini.

 Baca juga: Ini Kawasan Pariwisata di Sulawesi yang Mulai Ditata

"Sehingga tidak hanya meningkatkan kuantitas tapi juga kualitas ke depan," ucapnya.

Sementara itu peran ekonomi kreatif juga tak kalah pentingnya bagi perekonomian Indonesia. Sepanjang tahun kontribusi ekonomi kreatif terus mengalami mengalami peningkatan dari Rp1.000 triliun di 2017 menjadi Rp1.100 triliun di 2018.

Tentunya ini bisa bertambah besar lagi ke depannya. Apalagi saat ini 4 unicorn andalan Indonesia yakni Gojek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak sedang dalam tren pertumbuhan yang positif.

"Kontribusi ekonomi kreatif 2017 Rp1.000 triliun, 2018 Rp1.100 triliun di sana ke depannya bertambah kita yakini," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini