nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Impor Cangkul, Kemendag Sebut Beri Izin Impor Lembaran Plat Baja

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 17:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 08 320 2127508 soal-impor-cangkul-kemendag-sebut-beri-izin-impor-lembaran-plat-baja-hLyhXzGlQj.jpeg Konferensi Pers Kemendag soal Impor Cangkul (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan tidak pernah memberikan izin impor cangkul atau pacul dalam bentuk barang jadi. Melainkan, izin impor bahan baku untuk pembuatan cangkul.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardana menjelaskan, impor perkakas tangan memang diizinkan dan diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 30 Tahun 2018. Namun, impor hanya diizinkan dalam bentuk bahan baku, bukan barang jadi.

Baca Juga: Hobi Impor Pakai Uang Pemerintah, Jokowi: Kebangetan Banget

Pada tahun ini, Kemendag memang sudah memberikan izin impor untuk bahan baku cangkul berupa lembaran plat baja sebanyak 400.000 kg. Sehingga memang tidak pernah memberikan izin impor cangkul berbentuk barang jadi.

"Selama tahun 2019 hanya baru satu kali beri izin impor bahan baku untuk perkakas tangan, jadi baru berbentuk lembaran plat baja, belum diruncingkan, belum ada ujungnya, belum di cat, dan belum diberi merek," ungkapnya dalam konferensi pers di Kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

kemendag

Meski demikian, dia mengakui adanya impor cangkul berbentuk barang jadi yang masuk ke Tanah Air, yang tentunya ini dinyatakan impor ilegal. Hal itu berdasarkan tinjauan langsung Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag ke lapangan.

"Dua minggu lalu telah turun ke lapangan dan menemukan beberapa cangkul yang diimpor secara jadi, ini melanggar aturan. Maka kami sudah lakukan pengamanan terhadap barang-barang yang ditemukan tersebut," jelasnya.

 Baca Juga: Sentil Bank, Jokowi: Jangan Salurkan Kredit ke Perusahaan Besar-Besar Saja

Sebelumnya, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluhkan masih adanya impor pacul ke Indonesia. Padahal barang tersebut bisa diproduksi dalam negeri.

"Apakah negara kita yang sebesar ini industrinya untuk pacul atau cangkul harus impor? Tolong di desain, ini baru satu barang. barang lain masih ribuan," katanya di JCC Senayan, Jakarta, Rabu 6 November 2019.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini