nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Pekerjaan yang Cocok untuk Pensiunan Militer

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 20:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 09 320 2127789 10-pekerjaan-yang-cocok-untuk-pensiunan-militer-lCFIvRxCuD.jpg Pekerjaan (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Memasuki masa purna tugas dari sebuah pekerjaan tentu menjadi hal yang tak mudah. Sebagian mencoba menikmati masa pensiunnya, sebagian lagi kembali mencoba bekerja di bidang yang lain. Tak terkecuali bagi para veteran, kembali bekerja setelah bertugas di militer negara dapat menjadi sebuah transisi yang sulit.

Bukan tanpa alasan, salah satu kecemasan terbesar bagi para veteran adalah dapat menemukan pekerjaan yang stabil dan bergaji tinggi yang menghargai keterampilan dan pengalaman yang mereka peroleh saat bertugas di militer. Oleh karena itu, berikut ini beberapa karier terbaik yang dapat dicoba bagi para veteran setelah meninggalkan kariernya di militer, dilansir dari Business Insider, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Baca Juga: Banyak yang Berfikir Jadi CEO Enak, Apa Benar?

1. Kesehatan

Bidang profesi ini memungkinkan para veteran untuk menggunakan keterampilan yang mungkin telah mereka pelajari di militer dan menyalurkannya ke karier yang bermanfaat. Jalur karier populer untuk dokter hewan memasuki industri kesehatan termasuk operasi dan logistik rumah sakit, keperawatan terdaftar, penelitian medis, dan administrasi (data, catatan, fungsi rumah sakit).

Gaji tahunan rata-rata: USD68,116 atau sekira Rp954,8 juta per tahun

2. Administrasi Publik atau Pemerintahan

Salah satu keterampilan yang didapatkan ketiga bertugas di militer adalah kepemimpinan. Hal ini tentunya sangat berdampak jika ingin mendalami karier di pemerintahan atau administrasi publik. Selain banyak peluang untuk pertumbuhan karier, jam kerjanya pun terbilang fleksibel. Adapun beberapa bidang yang dapat dipertimbangkan, seperti administrasi, analisis program, dan urusan publik.

Gaji tahunan rata-rata: USD60,573 atau sekira Rp848,9 juta per tahun

pns

3. Pertahanan Nasional

Bidang ini menawarkan gaji yang kompetitif dan populer di kalangan veteran muda. Hal ini identik denga membangun persenjataan atau pesawat terbang, pekerjaan kontraktor pertahanan menawarkan gaji yang kompetitif dan terkait langsung dengan militer. Pekerjaan potensial dalam kontrak pertahanan dapat mencakup menjadi analis, spesialis intelijen, spesialis manajemen kontrak, atau manajer jaminan kualitas.

Gaji tahunan rata-rata: USD57,624 atau sekira Rp807,5 juta per tahun

4. Teknologi Informasi (TI)

Pekerjaan ini selalu berkembang dari tahun ke tahun. Pekerjaan TI menyediakan gaji yang kompetitif dan jalur yang jelas menuju kemajuan karier. Jalur karier populer di bidang TI di kalangan veteran meliputi manajemen proyek, rekayasa sistem, keamanan siber, analisis data, dan analisis keamanan informasi.

Gaji tahunan rata-rata: USD54,057 atau sekira Rp757,5 juta per tahun

5. Jasa Keuangan

Pekerjaan di bidang jasa keuangan sangat populer di kalangan veteran. Lebih dari satu dari 10 dokter hewan muda ditempatkan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan. Selain gaji kompetitif dan jalur karier yang populer, pekerja di bidang ini juga dapat menjadi penasihat keuangan hingga manajer keuangan atau akuntan.

Gaji tahunan rata-rata: USD54,983 atau sekira Rp770,5 juta per tahun

6. Pendidikan

Bagi para veteran yang menghargai pekerjaan berbasis misi dan karier dalam pendidikan mungkin sangat cocok. Sebagian besar karir di bidang pendidikan membutuhkan gelar sarjana. Tak hanya itu, 13% veteran yang memiliki karier berakhir dengan profesi yang terkait dengan pendidikan.

Gaji tahunan rata-rata: USD43,967 atau sekira Rp616,1 juta per tahun

hukum

7. Penegak Hukum

Salah satu jalur karier yang populer di antara banyak veteran adalah penegakan hukum. Keterampilan dan pengalaman yang dipelajari di militer menjadikan veteran sebagai aset berharga bagi organisasi penegak hukum mana pun. Bidang ini memungkinkan anggota pensiunan militer menjadi seorang perwira polisi, penyidik TKP, petugas darurat, atau seorang petugas koreksi.

Gaji tahunan rata-rata: USD46,083 atau sekira Rp645,8 juta per tahun

8. Industri Ritel

Veteran yang bekerja di industri ini dapat menikmati bekerja dalam tim serta manfaat dari jam kerja yang fleksibel. Pekerjaan veteran di ritel paling populer di kalangan veteran berusia 45 tahun atau lebih. Beberapa bidang yang populer diantaranya, yaitu penjualan, pemasaran, dan logistik gudang.

Gaji tahunan rata-rata: USD25,540 atau sekira Rp358,07 juta per tahun

9. Industri Manufaktur

Industri manufaktur adalah jalur karier yang layak bagi para veteran tanpa gelar sarjana. Teknisi pemeliharaan tingkat pemula tercatat dapat menghasilkan rata-rata USD39.111 per tahun dan pengawas manufaktur menghasilkan rata-rata USD57.666 per tahun.

Gaji tahunan rata-rata: USD27,199 atau sekira Rp381,1 juta per tahun

angkutan

10. Transportasi atau Pergudangan

Bagi para veteran yang lebih memilih jalur karier fisik yang lebih aktif, bekerja di sebuah gudang bisa menjadi pilihan karier yang tepat. Saat musim liburan tiba, perusahaan-perusahaan dengan pekerjaan di bidang transportasi dan gudang sedang meningkatkan perekrutan musiman mereka untuk menangani masuknya paket-paket besar. Waktu inilah yang menjadi saat tepat untuk mulai mendaftarkan diri.

Gaji tahunan rata-rata: USD27,449 atau sekira Rp384,6 juta per tahun

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini