nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Lamar CPNS 2019, dari Buat Akun hingga Cetak Kartu Pendaftaran

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 11:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 12 320 2128730 cara-lamar-cpns-2019-dari-buat-akun-hingga-cetak-kartu-pendaftaran-4UTsfWO32l.jpeg Ilustrasi Seleksi CPNS. (Foto: Okezone.com/Dok.Kemenpan RB)

JAKARTA – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah dibuka pada 11 November hingga 24 November 2019. Bagi yang masih bingung atau tidak tahu mengenai CPNS, berikut ini informasi pendaftaran sistem seleksi CPNS 2019.

Pertama-tama, pelamar harus mengakses website Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hal tersebut untuk mengetahui informasi seputar pendaftaran CPNS 2019. Kemudian pelamar dapat memilih menu SSCN pada web tersebut.

Baca Juga: Passing Grade SKD dalam CPNS 2019 Berubah, Intip Perubahannya!

Buatlah akun, pilih menu registrasi untuk dapat mendaftarnya. Masukkan (Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK KK. Lalu akun harus dilengkapi dengan data diri, seperti nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan jenis kelamin.

Infografis CPNS 2019

Untuk dapat membuat akun, diperlukan email, password, dan pertanyaan pengamanan. Jangan lupa untuk mengunggah pas foto. Pas foto ini harus berlatar belakang merah. Setelah selesai membuat akun, unduhlah Kartu Informasi Akun agar dapat mencetaknya.

Setelah membuat akun, pelamar dapat log in ke https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan. Demikian dikutip dari data BKN, Selasa (12/11/2019).

Baca Juga: CPNS Trending Topic, Netizen: Kepanjangan dari Cuma Pertemanan Namun Sayang

Untuk bisa mendaftar ke instansi yang diinginkan, pelamar harus mengunggah foto dirinya yang memegang KTP dan Kartu Informasi Akun. Setelah itu, pelamar harus melengkapi data pribadi. Lalu, pilih instansi dan jenis formasi yang akan dilamar denagn pendidikan dan jabatan yang sesuai dengan pelamar. Pelamar harus mengunggah dokumen dan cek resume diri. Setelah selesai, cetaklah Kartu Pendaftaran SSCN 2019.

Tim Verifikasi Instansi akan segera memverifikasi dokumen para pelamar CPNS. Nantinya, pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi apabila mendapatkan Kartu Peserta Ujian. Kartu ini digunakan untuk proses seleksi selanjutnya.

Bagi yang tidak lulus seleksi administrasi, pelamar dapat mengajukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi. Sanggahan harus diajukan maksimal 3 hari setelah pengumuman keluar. Lalu, instansi akan melakukan verifikasi terhadap sanggahan pelamar. Instansi akan mengeluarkan pengumuman hasil sanggah makasimal 7 hari setelah sanggahan diterima.

Pelamar yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti tes seleksi di tahap berikutnya. Hasil seleksi akan diumumkan pada Maret 2020 oleh Panitia Seleksi CPNS 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini