nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Fakta Problem Pendaftaran CPNS 2019, Kesalahan Input Data hingga Loading Lama

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 07:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 14 320 2129905 sederet-fakta-problem-pendaftaran-cpns-2019-kesalahan-input-data-hingga-loading-lama-6Jv3vnhfII.jpg Suasana Seleksi CPNS. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA – Kabar gembira datang bagi yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bagaimana tidak, pendaftaran CPNS 2019 telah dibuka, mulai tanggal 11 November hingga 24 November 2019.

Hanya saja diawal pendaftaran CPNS terdapat sejumlah masalah. Sejak awal dibuka pendaftaran, web pendaftaran tersebut malah error. Ada juga pelamar yang salah input data. Hal ini membuat netizen geram.

Berikut ini beberapa fakta menarik seputar permasalahan dalam pendaftaran CPNS 2019 yang dirangkum dari Okezone, Sabtu (16/11/2019):

1. Pendaftaran CPNS Dibuka pada Tanggal dan Jam Cantik

Tanggal cantik kali ini membawa kabar gembira bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pendaftaran CPNS resmi dibuka hari ini. Menurut cuitan dari akun twitter BKN, pendaftaran CPNS dibuka mulai pukul 11.11 WIB.

Baca Juga: Beda dengan Kementerian Lain, Ini Jadwal CPNS Kemendikbud

“#SobatBKN, mimin dapet bisikan bahwa akan ada sesuatu pada 11.11.19 11:11 PM. Info ini valid mimin dapatkan dr intelijen, tapi kira-kira apa ya? Bukan diskon belanja online pastinya,” ujar admin dari akun twitter @BKNgoid.

Bagi yang ingin mendaftar, pendaftaran dilakukan secara online melalui web SSCASN BKN. Setiap pelamar hanya boleh mendaftar di salah satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda.

2. Dibuka, Servernya Langsung Down

Walaupun dibuka jelang tengah malam, tampaknya banyak yang menanti di waktu awal ini. Dari pantauan Okezone, Jakarta, Selasa (12/11/2019) pukul 00.12 WIB, website sscndaftar.bkn.go.id terasa berat. Sekali-kali terlihat tulisan "secure connection failed".

Infografis CPNS 2019

Sebelumnya, BKN mengimbau para pelamar untuk tidak terburu-buru melakukan pendaftaran, karena pendaftaran diagendakan akan dibuka sampai dengan tanggal 24 November 2019.

3. Sempat Down, Netizen: Ditinggal Masak Masih Loading

Dari pantauan Okezone, Jakarta, Selasa (12/11/2019) pada pukul 7.12 WIB masih website sscn.bkn.go.id sudah bisa diakses kembali. Akan tetapi, keluhan netizen sudah banjir dari semalam akan erornya website tersebut.

Mereka mengatakan keluhannya melalui kolom komentar pada akun instagram hingga twitter BKN. Berikut komentarnya.

Baca Juga: Pelamar CPNS 2019, Hindari Calo dan Jangan Umbar Data Pribadi!

“Hari pertama masih loading muter-muter terus min, sambil aku tinggal masak dan nyuci masih loading,” ujar @d**.el**wa.

Tidak hanya di instagram, namu para netizen twitter juga mengeluh melalui cuitannya.

"munyeng terus web buat daftar CPNS, iyalahh jutaan orang akses 1 domain bebarengan gimana gak kebakar servernya,, besok ajaa siangan daftarnya wkwkwk tidurtidurtiduurrr," ujar @as**a**a.

4. Pendaftar CPNS 2019 Salah Input Tempat Lahir

Sudah hampir dua hari sejak pendaftaran seleksi CPNS 2019 dibuka. Ternyata masih banyak calon pendaftar yang mempertanyakan penulisan nama tempat lahir di dalam pembuatan akun.

"#SobatBKN, banyak pertanyaan mengenai tempat lahir sesuai KTP dan ijazah. Bahkan banyak yang salah input karena mengira tempat terbitnya Ijazah," tulis BKN dalam postingan di akun instagram resminya @bkngoidofficial, Rabu (13/11/2019).

Dalam pembuatan akun sendiri, calon pendaftar harus masukkan tempat lahir sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika pelamar menggunakan tempat lahir yang tertera di Ijazah, maka harap masukkan setingkat wilayah kabupaten/kota.

5. Jangan Gunakan Handphone saat Mendaftar CPNS

Badan Kepegawaian Negara (BKN) tidak merekomendasikan peminat seleksi CPNS 2019 menggunakan handphone dalam proses pendaftaran. Pasalnya, penggunaan HP dalam proses ini akan rawan kesalahan input data.

Maka dari itu, BKN menyatakan pendaftaran harus menggunakan komputer atau laptop. Demikian dikutip dari akun resmi instagram BKN.

Selanjutnya, apabila ada kendala, pelamar dapat membersihkan cache browser dan coba kembali mendaftar. Pelamar harus teliti dalam memasukkan data, karena mereka bisa saja tidak lulus seleksi apabila data yang diinput tidak sesuai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini