nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengendara Skuter Listrik Langgar Aturan, Grab: Banyak yang Belum Tahu Grab Wheels

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 19:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 14 320 2129957 pengendara-skuter-listrik-langgar-aturan-grab-banyak-yang-belum-tahu-grab-wheels-aIhVfyyhvF.jpeg Skuter Listrik (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kejadian tidak mengenakkan yang menimpa Grab Indonesia membuat berbagai pihak langsung melakukan evaluasi dan merancang regulasi baru. Pasalnya, ini dibutuhkan demi keamanan para pelanggan yang menggunakan layanan Grab Wheels.

Sejak Grab Wheels diluncurkan pada Mei 2019 lalu, skuter ini langsung melejit naik. Bagaimana tidak, banyak pelanggan yang mengupdate ke media sosial masing-masing ketika mengendarai Grab Wheels karena dianggap Instagramable.

Baca Juga: Lagi Hits, Fakta Skuter Listrik yang Rusak JPO hingga Korban Tewas

Namun, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan kalau banyak pengguna Grab Wheels yang masih awam dengan e-skuter tersebut. Salah satunya adalah fitur keselamatan dan aturannya.

"Berkaitan dengan masyarakat juga banyak yang belum tahu Grab Wheels ini. Seperti skuter ini untuk apa, fitur keselamatannya, serta aturan-aturannya. Kami sangat mendukung aturan keselamatan yang akan diterapkan pada penumpang kami," ujar Ridzki di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (14/11/2019).

skuters

Pertama-tama, Ridzki mengingatkan bahwa Grab Wheels adalah kendaraan berbasis listrik. Dengan demikian, kendaraan ini bebas akan polusi dan ramah lingkungan.

"Semuanya berbasis listrik, di mana ramah lingkungan jadi gak ada polusi," ujarnya.

Kemudian, Dia mengatakan kalau produk Grab Wheels ini adalah buatan Segway yang bersertifikasi kelas dunia. Bahkan, Segway juga menjadi andalan di Amerika Serikat dan Kanada.

Tidak hanya itu, e-skuter ini juga mempunyai berat 100kg dengan kecepatan maksimal 25km/jam. Meski demikian, Grab sengaja membuat limit sehingga hanya bisa dikendarai 15km/jam.

"Produknya buatan Segway, ini udah sertifikasi tertinggi di dunia untik saat ini, yang juga digunakan US dan Kanada. Beratnya 100kg, speed limitnya 15km/jam, maksimumnya 25km/jam. Tapi kami batasi limitnya," tutur Ridzki.

skuters

Terlepas dari itu, Grab juga telah memasukkan seluruh peraturan di dalam aplikasi untuk menggunakan Grab Wheels. Dia pun berharap para pengendara Grab Wheels mau menaati peraturan yang ada.

"Terlepas dari itu, Grab Wheels juga jadi tren terutama buat anak muda, instagramable banget. Peraturan berkendaranya pun sudah kami masukan ke dalam aplikasi. Kita sudah sebutkan cuma 18 tahun ke atas, selalu gunakan helm, cek skuternya, kemudian turun dan tuntun skuter jika di jembatan penyeberangan, jaga kecepatan limit, pakai sepatu, hanya untuk satu orang, aware sama sekeliling, dan jangan melawan arus," jelas Ridzki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini