nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Presiden Ingin Gaet Investasi, Izin Dipercepat dan Dipermudah

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Minggu 17 November 2019 08:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 15 320 2130196 fakta-fakta-presiden-ingin-gaet-investasi-izin-dipercepat-dan-dipermudah-BRDDyLae4g.jpeg Presiden Jokowi. (Foto: Okezone.com/Kemenperin)

JAKARTA – Meningkatkan jumlah investasi di Indonesia merupakan salah satu target pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara berkali-kali menyampaikan bahwa Indonesia harus bisa menarik investor asing untuk menanamkan modal usahanya di Indonesia.

Tidak hanya meminta kepada menteri Kabinet Indonesia Maju dalam mencari para investor, Presiden Jokowi juga membeberkan beberapa strategi serta tips yang diharapkan membawa para investor berbondong-bondong menanamkan modalnya di Indonesia.

Baca Juga: Presiden Minta 'Keroyok' Pelayanan Investor, Layani Secepat-cepatnya!

Berikut ini fakta-fakta yang disampaikan Presiden Joko Widodo untuk menggaet investor, seperti yang dirangkum Okezone, Minggu (17/11/2019):

1. Semua Sektor Wajib Mendukung

Jika investasi datang ke sebuah daerah, urusan itu bukan hanya melibatkan gubernur, wali kota, atau bupati saja. Semua sektor seperti sektor keamanan, kelancaran jalannya investasi, bahkan perizinan harus saling bahu membahu.

Presiden Jokowi Akan Resmikan Ruas Jalan Tol Trans-Sumatera

“Semuanya harus memberikan dukungan; Polri, TNI, Kejaksaan, semuanya memberikan dukungan ke sana. Sehingga investasi itu muncul ke sebuah daerah dan bisa direalisasi,” kata Presiden Jokowi.

2. Mempercepat dan Mempermudah Perizinan

Presiden Republik Indonesia ke-7 itu juga mewanti-wanti permasalahan perizinan yang kerap molor.

“Harusnya kita ini melayani apa yang kurang. Dilayani secepat-cepatnya. Sehingga bisa realisasi dan memunculkan yang namanya lapangan pekerjaan bagi rakyat kita,” ungkapnya.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Omnibus Law untuk 'Mendobrak' Investasi Macet

Presiden juga menegaskan, masih ada 7 juta rakyat, anak-anak yang belum memikirkan pekerjaan, dan investasi ini merupakan pekerjaan bersama.

Ia berpesan kepada seluruh kepala daerah, jika ada terdapat investasi yang orientasinya ekspor, investasi tapi orientasi barangnya akan diekspor, sudah, tutup mata, tanda tangani izinnya, secepat-cepatnya.

3. Bantu Pembebasan Lahan

“Di lapangan ada masalah apa, pembebasan lahan, bantu, bantu, biar segera terealisasi,” tegas Presiden.

Jika investor datang, ingin membangun pabrik atau industri untuk barang-barang substitusi impor. Barang- barang yang sekarang ini masih impor, kemudian dia mau mendirikan produk itu di sini, Presiden berpesan agar disetujui secepatnya.

4. Libatkan Usaha Kecil

Presiden Joko Widodo tidak hanya menggenjot investasi tinggi, Ia juga berpesan agar investasi tetap melibatkan usaha kecil, usaha mikro, dan usaha menengah yang ada di daerah itu.

Investasi

Presiden juga berpesan ke menteri-menterinya, jangan ada investasi nanti yang dari Jakarta lagi, daerah lain harus diikut sertakan.

5. Keamanan Investasi Dijamin

Soal keamanan Presiden Joko Widodo dapat menjamin para investor akan mendapat back up dari Polres dan Polda.

Hal ini diharapkan akan muncul lapangan kerja baru. “Enggak usah ditanya-tanya. Urusan keamanan, back up dari Polres, dari Polda, back up. Agar apa? Muncul cipta lapangan kerja yang kita inginkan. Atau, ada orang datang, investor datang, ingin membangun, pabrik atau industri untuk barang-barang substitusi impor…. secepat-cepatnya,” tutur Presiden.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini