nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mentan Syahrul Beri Nama Anggur Varian Baru 'Janetes', Sudah Izin Presiden Jokowi?

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 14:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 320 2130271 mentan-syahrul-beri-nama-anggur-varian-baru-janetes-sudah-izin-presiden-jokowi-oTD6Ntns74.jpg Mentan Syahrul Yasin Limpo (Foto: Okezone.com/Angkasa)

PASURUAN - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mencanangkan gerakan nasional pengembangan mangga dan anggur. Hal tersebut disampaikannya di Instalasi Penelitian dan Pengembangan Instalasi Teknologi Pertanian (IP2TP), Cukurgondang, Grati, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (15/11/2019).

"Mari kita sama-sama, dengan mengucapkan Bismilahirahmanirahim. Dengan ini kita canangkan gerakan nasional pengembangan mangga dan anggur, berskala dunia hari ini. Bukan lagi skala nasional. Semoga hari Jumat menjadi rahmat," ujar Syahrul.

Baca Juga: Mentan: Sudah Dialihfungsikan, Tetap Akan Dihitung Lahan Sawah

Politikus Partai NasDem ini pun menyempatkan diri mencicipi mangga hasil panen para petani di Pasuruan. "Enak, manis. Tapi enggak ada tisunya ini," selorohnya.

Setelah itu, dirinya juga melepas ekspor mangga yang dilakukan pengusaha lokal Pasuruan ke Malaysia sebanyak 1 ton.

Lalu, Syahrul juga diminta untuk memberi nama pada varian anggur baru melalui rekayasa gentika Balitbang Kementan. Dan dia memberi nama Janetes Sp1.

Mentan

"Ini namanya adalah Janetes sp1. Harapkan kita jadi Sp1 2 3. Tentu kita harapkan terus kita kembangkan. Alhamdulilah kita punya varietas baru," ujarnya.

Kenapa namanya Janetes? Apakah Syahrul terinspirasi dari cucu pertama Presiden Joko Widodo alias Jokowi? Apa dia sudah minta izin pada Jokowi?

"Saya belum izin siapa-siapa. Janetes ini anggur tropis yang agak lain rasanya. Dia dalam pengembangan bisa punya daya saing," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini