nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah, Gubernur Anies Minta Jakarta Difasilitasi Jadi Pusat Bisnis

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 12:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 15 470 2130222 ibu-kota-pindah-gubernur-anies-minta-jakarta-difasilitasi-jadi-pusat-bisnis-xNuaQczWAy.jpg Jakarta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Indonesia akan memiliki ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim). Selanjutnya, bagaimana kelanjutan infrastruktur DKI Jakarta yang sudah puluhan tahun berstatus Ibu Kota?

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan akan tetap melakukan pembangunan infrastruktur meski nantinya ibu kota negara pindah ke Kalimantan. "Tidak ada masukan khusus. Kita mengapresiasi saja Presiden dan pemerintah pusat itu akan terus melaksanakan rencana pembangunan yang disepakati di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melakukan pertemuan dengan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, di Kementerian PPN/Bappenas, Jumat (15/11/2019).

Baca Juga:

"Jadi PR-PR di Jakarta akan tetap diselesaikan bersama antara Pemprov dengan pemerintah pusat bersama dengan proses pembangunan di Kaltim, khususnya transportasi," tambahnya.

Ibu Kota Pindah

Selain itu, Anies juga membeberkan apa saja yang dibahas dalam rapat tertutup bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy, Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa, serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

Baca Juga:

Pembahasan utama adalah badan yang akan bekerja untuk perpindahan ibu kota. Dengan demikian, maka relevansinya pembahasan tersebut sangat sedikit.

"Umummya tadi pembahasannya mengenai badan untuk perpindahan ibu kota. Maka dari itu sedikit sekali relevansinya dengan kami di Jakarta," ungkap Anies.

Bahkan, Anies juga meminta kepastian mengenai peraturan peran perekonomian di Jakarta mengingat bahwa Jakarta akan menjadi pusat perekonomian pasca pindahnya ibu kota ke Kaltim.

"Harus dipastikan bahwa untuk peran perekonomian di Jakarta itu difasilitasi dalam peraturan baru karena Jakarta akan jadi sebagai pusat perekonomian," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini