Tren Ngopi-Ngopi, Kementan Ingkatkan Agar Hindari Dicampur Gula

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 18 November 2019 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 18 320 2131350 tren-ngopi-ngopi-kementan-ingkatkan-agar-hindari-dicampur-gula-YNShDlZmob.jpg Kopi (Shutterstock)

JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara eksportir kopi paling besar di dunia. Kopi Indonesia yang memiliki cita rasa luar biasa dari sekian banyak jenis kopi kian digemari lintas usia.

Tak heran, Kopi masih menjadi salah satu minuman yang masih populer saat ini. Buktinya, kedai kopi banyak bermunculan di berbagai tempat, mulai dari kota besar hingga ke daerah kecil sekalipun.

 Baca juga: Kopi Gula Aren Jadi Tren Masa Kini, Intip Khasiatnya

Namun begitu, tak semuanya mengerti betul bagaimana cara menikmati kopi dengan baik. Padahal jika dinikmati dengan cara yang tepat, seseorang dapat tetap sehat meski sangat menyukai kopi.

 Kopi

Kementerian Pertanian membagikan beberapa cara yang dapat digunakan untuk menikmati kopi. Cara ini dapat dengan mudah dilakukan kapan dan dimana saja kamu berada.

 Baca juga: Dorong Potensi Kopi Dalam Negeri, Pemerintah Revitalisasi BLK di Lampung Barat

"Jangan lupa, jika minum kopi, minumlah kopi Indonesia, " ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan gambar yang diunggah akun resmi Instagram Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Dalam unggahan tersebut, terdapat cara-cara menikmati kopi. Cara pertama dalam meikmati kopi adalah dengan menyarin air yang akan digunakan untuk membuat kopi. Karena air kran mengandung logam berat dan disinfektan klorin yang berbahaya.

 Baca juga: Usulan Wapres JK agar Harga Kopi Tak Makin Murah

Sebaiknya, kopi diminum sesudah makan, karena kafein kopi dapat membuat tubuh melepaskan insulin yang menurunkan kadar gula darah. Kamu juga dapat mencampurkan kayu manis agar antioksidan yang terkandung dapat menurunkan kadar gula darah.

Tak lupa untuk menghindari pembuatan kopi yang dicampurkan dengan gula. Hal itu dikarenakan gula dapat meningkatkan kadar keasaman kopi dan menyebabkan obesitas.

Terakhir, minumlah kopi secukupnya agar tidak memengaruhi kondisi kesehatan. Segelas kopi dalam sehari tidak akan menurunkan kualitas tidurmu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini