nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisa Kerja dari Rumah, Gaji dan Tunjangan PNS Tak Akan Dipotong

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 19:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 22 320 2133352 bisa-kerja-dari-rumah-gaji-dan-tunjangan-pns-tak-akan-dipotong-6AxYop7R6d.jpg PNS (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah tengah merencanakan agar para Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa bekerja dari rumah. Tujuannya adalah untuk mempercepat dan melakukan efisiensi pada kinerja pemerintah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, meskipun bisa bekerja di rumah namun gaji dan tunjangan pegawai tidak akan dikurangi. Pendapatan yang diterima akan tetap dengan posisi terakhir yang didapatkan pegawai bersangkutan.

 Baca juga: Diam-Diam, PNS Kemenpan RB Sudah Bekerja dari Rumah

"Oh enggak. Yang dia terima tetap (gaji dan tunjangan yang didapat)," ujarnya saat ditemui di Hotel Redtop Pacenongan, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

 Menpan RB Tjahjo Kumolo

Menurut Tjahjo, yang paling penting adalah kinerja dan target yang ditetapkan tercapai. Sehingga waktu kerja dan juga pendapatan yang didapatkan menurutnya tidak akan masalah.

 Baca juga: Aturan Khusus PNS Boleh Kerja di Rumah, dari Absen hingga Berpakaian

"Yang penting output-nya bisa tercapai, yang tadinya dia bekerja 8-10 jam di kantor hanya bisa 2 hari, kalau di rumah juga tetap. Enggak ada masalah," jelasnya.

Selain itu lanjut Tjahjo, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja dari luar kantor harus siap 24 jam. Artinya tidak ada batasan waktu kerja seperti yang ada selama ini.

 Baca juga: Kerja dari Rumah, PNS Harus Standby 24 Jam

Hal ini dilakukan seperti cara kerja beberapa bidang pekerjaan lainnya yang tidak terbatas oleh waktu. Sebagai salah satu contohnya adalah profesi wartawan yang siap kerja 24 jam.

Asal tahu saja, saat ini pekerjaan PNS memang masih tergantung pada rutinitas. PNS masuk kerja pada pukul 08.00 WIB dan pulang kantor pada pukul 16.00 WIB.

"Sama lah anda (wartawan). Anda apa ada jam tugas? Enggak dong. 24 jam wartawan itu. Sama aja, enggak ada aturannya," ucapnya.

Untuk saat ini lanjut Tjahjo, pekerjaan para abdi negara ini sudah tertera pada jam. Artinya jika lebih dari jam kerja yang ditetapkan dikenakan uang lembur dari instansi dan kementeriannya.

"Anda juga kan tidak dapat ekstra gaji, kan tidak. Kalau yang tivi misalnya sekarang meliput saya, besok meliput yang sama. Mungkin ada tambahan honor. Tapi kalau anda kan tidak," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini