PUPR Pikir Ulang Bangun Tol Gedebage Bandung- Tasikmalaya-Cilacap, Kenapa?

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 24 November 2019 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 24 320 2133803 pupr-pikir-ulang-bangun-tol-gedebage-bandung-tasikmalaya-cilacap-kenapa-mY0frmPUvu.jpg Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan jalan tol Gedebage Bandung- Tasikmalaya-Cilacap belum akan dilakukan tahun depan. Pemerintah masih menimbang-nimbang kembali untung rugi dari pembangunan jalan tol bagian selatan tersebut.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan, alasan mengapa pihaknya tak mau terburu buru dalam membangun tol ini karena dirinya menilai jalanan di jalur selatan masih cukup memadai. Apalagi jalan pantai selatan (Pansela) ini baru-baru ini dibangun oleh pemerintah.

Asal tahu saja, jalur jalan Pansela yang dibangun Kementerian PUPR memiliki total panjang 1.405 km yang membentang menyusuri garis tepi pantai selatan dari wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur.

“Kan kita punya Pansela. Pansela itu kan jalannya bagus,” ujarnya kepada Okezone,Minggu (24/11/2019).

Menurut Sugi, pertimbangan lainnya adalah jika pembangunan Tol Gedebage Bandung-Cilacap dipaksakan, dikhawatirkan badan usaha jalan tol akan merugi. Apalagi nantinya jika tarif yang dipatok jauh lebih mahal.

Dirinya memprediksi jalanan umum di Pansela akan jauh lebih diminati oleh pengguna jalan. Apalagi jalanan yang sudah dibangun ini tidak dipatok biaya untuk melewatinnya.

“Nanti kalau semua dibangun tol, nanti tolnya enggak laku kan rugi. Mungkin dibangun tapi bertahap,” kata Sugi.

Menurut dia jika akan dibangun tol maka rutenya hanya akan menyambungkan Gedebage Bandung dengan Tasikmalaya terlebih dulu. Sisanya, masyarakat diarahkan melintasi jalur jalan Pansela.

“Itu paling cuma sampai Ciamis-Garut-Tasikmalaya aja dulu. Terus yang lewat Pansela siapa kalau sudah jadi," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini