nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temani Ahok, Erick Thohir Tunjuk Komjen Condro Kirono Jadi Komisaris Pertamina

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 25 November 2019 14:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 25 320 2134130 temani-ahok-erick-thohir-tunjuk-komjen-condro-kirono-jadi-komisaris-pertamina-6vdyiQ7US3.jpg Komjen Condro Kirono Jadi Komisaris Pertamina (Foto: Ist)

JAKARTA - Selain penunjukan Basuki Tjahaja Purnama alias sebagai Komisaris Utama, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Pertamina juga menyajikan kejutan lain. Adalah penunjukan Komisaris Jenderal (Komjen) Condro Kirono sebagai anggota Dewan Komisaris PT Pertamina menggantikan Gatot Trihargo.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan dalam RUPSLB tersebut ada perombakan terhadap 3 jajaran Komisaris dan 2 Direksi. Untuk 3 jabatan Komisaris ada Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris Utama Pertamina menggantikan Tanti Abeng.

Baca Juga: Ditanya soal Mafia Migas, Ahok: Saya Bukan Godfather

Kemudian ada Budi Gunadi Sadikin yang diangkat menjadi Wakil Komisaris Utama (Wakomut) Pertamina menggantikan Archandra Tahar. Lalu ada juga Condro Kirono yang menggantikan Gatot Trihargo.

Sementara pada jajaran Direksi, Emma Sri Martini diangkat menjadi Direktur Keuangan Perseroan. Emma menggantikan Dirkeu sebelumnya Pahala Mansury yang ditunjuk oleh Erick Thohir menjadi Direktur Utama Bank BTN.

"Jadi sekitar jam 10 sudah diadakan penyerahan keputusan dari Menteri BUMN selaku RUPSLB ya Pertamina tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota direksi maupun Dewan Komisaris baru," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Baca Juga: Ditolak Serikat Pekerja Pertamina, Ahok: Dia Enggak Tahu Saya Lulusan S3 Mako Brimob

Sebagai informasi, Condro merupakan pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah pada 12 Desember 1961 lalu. Condro merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1984. Perwira tinggi Polri itu akan memasuki masa pensiun pada 12 Desember 2019.

Condro berpengalaman dalam bidang lantas. Usai menjadi Kapolresta Tegal pada tahun 2002, dia banyak ditugaskan di bidang lalu lintas. Misalnya pada tahun 2003, Condro dimutasi menjadi Wadirlantas Polda Sumut.

Pada tahun 2004, Condro kembali dipindahtugaskan menjadi Kapoltabes Yogyakarta. Dua tahun kemudian, dia kembali diminta berkelut dengan bidang lantas untuk menjadi Dirlantas Polda Kalsel. Pada tahun 2007, Condro lalu dimutasi menjadi Dirlantas Polda Jatim hingga pada tahun 2008 ditugaskan ke Polda Metro Jaya.

Karir Condro pun terus menanjak. Pada tahun 2010 dia menjadi Karobinops Sops Polri. Tiga tahun kemudian dia ditugaskan menjadi Kapolda Riau hingga pada tahun 2014 dia kembali ditarik ke Polri untuk menjadi Kakorlantas.

Tak lama, pada tahun 2016 Condro kemudian ditugaskan sebagai Kapolda Jawa Tengah. Condro bertugas di Polda Jateng selama tiga tahun sebelum akhirnya kembali ke Polri untuk menjadi Kabarhakam.

Pada 19 November 2019 lalu, Condro kembali dipindahtugaskan. Condro ditugaskan sebagai Analis Kebijakan Utama Polri, sementara Kabarhakam dijabat oleh Komjen Firli Bahuri.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini