Eselon Dipangkas, Bappenas Bakal Jadi yang Pertama Gunakan Robot

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 29 320 2135991 eselon-dipangkas-bappenas-bakal-jadi-yang-pertama-gunakan-robot-XI5e0LXpnu.jpeg Suharso Monoarfa. (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan, kementeriannya bakal menjadi yang pertama dalam mengimplementasikan pemangkasan Eselon III dan IV sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nantinya, tugas-tugas jabatan tersebut diganti oleh kecerdasan buatan (AI/robot).

"Bappenas akan jadi contoh pertama nanti," ujarnya dalam acara diskusi terkait ibu kota negara di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Baca Juga: Jabatan Eselon III dan IV Dipangkas, Jokowi: Gaji dan Tunjangan Enggak Dipotong

Suharso memastikan, pihaknya masih dalam tahap persiapan, lantaran aturan mengenai pemangkasan tingkat eselon juga baru akan diterapkan tahun depan. Adapun implementasi pengalihan tugas eselon III dan IV ke AI juga masih dalam tahap uji coba di tahun depan.

"Kami sudah mempersiapkannya," katanya.

Sebelumnya, Jokowi telah memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo untuk segera merealisasikan pemangkasan jabatan eselon III dan IV tersebut. Menurutnya, kebijakan ini dilakukan semata-mata untuk mempercepat dalam pengambilan keputusan.

Suharso

"Saya sudah berbicara dengan yang jago IT kalau bisa diganti AI, sehingga muncul sebuah kecepatan, muncul budaya kerja, dan kultur baru," kata Jokowi dalam acara pertemuan tahunan Bank Indonesia di Hotel Rafles, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Meskipun begitu, Jokowi tetap memohon maaf kepada para pejabat eselon III dan IV Atas wacana pemangkasan ini. "Maaf kalau di sini ada eselon III dan IV kita akan pangkas mulai tahun depan agar terjadi kecepatan dalam setiap memutuskan perubahan dunia yang begitu cepat, pelan-pelan saja," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini