Jangan Utak-atik Meteran Listrik, Selain Pelanggaran Juga Berbahaya!

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 320 2137867 jangan-utak-atik-meteran-listrik-selain-pelanggaran-juga-berbahaya-iDfjSJlclc.png Meteran Listrik (Foto: Okezone.com/Instagram PLN)

JAKARTA - Saat ini, masih saja banyak orang yang mengutak atik kWh meter listrik. Biasanya, mereka melakukan ini agar menghemat biaya.

Padahal, tindakan ini berbahaya, loh. Bisa saja terjadi korsleting listrik jika mengutak atik kWh meter listrik. Korsleting inilah yang dapat menyebabkan kebakaran.

Baca Juga: Nekat Utak-atik Meteran Listrik, Begini Dampaknya

Korsleting listrik adalah keadaan di mana aliran listrik yang mengalir tidak sesuai dengan yang diinginkan yang menyebabkan lonjakan arus listrik yang membesar.

"Kalau #Electrizen utak-atik sendiri, nanti bisa merusak fungsi pengaman dari kWh meter, sehingga kalau nanti ada lonjakan daya karena korsleting, kWh meter tidak bisa memutus aliran listrik secara otomatis untuk meminimalisir risiko kebakaran," demikian seperti dikutip akun Instagram @pln_disjaya, Rabu (4/12/2019).

Baca Juga: Waspada Rumah Kebakaran, Coba Baca 9 Tips Aman dari Korsleting Listrik

Menurut PLN, kebakaran bisa saja terjadi karena rusaknya fungsi pengaman dari kWh meter, yang dapat menyebabkan lonjakan daya aliran listrik dalam meter listrik.

Selain itu, tindakan ini juga melanggar peraturan. Hal ini diutarakan oleh PLN melalui unggahannya di akun media sosialnya.

"Siapa yang suka utak-atik kWh meter sendiri biar bisa pakai banyak listrik tapi bayarnya dikit. Eitss hati-hati, lho, selain berbahaya itu juga pelanggaran dalam pembatasan daya," ujarnya.

Jika ada yang mengutak atik kWh listrik, maka mereka melanggar perjanjian dengan PLN. Hal ini tertera dalam Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).

Bagi mereka yang ketahuan melakukan tindakan ini, maka PLN akan memutuskan listrik sementara dan membongkar rampung kWh meter. Selain itu, mereka juga akan dikenakan pembayaran tagihan susulan dan pembayaran biaya/denda.

PLN mengimbau agar menggunakan listrik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan begitu, kita terhindar dari bahaya dan kerugian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini