nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Alasan Presiden Bangun Tol Kunciran-Serpong

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 18:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 06 320 2138895 3-alasan-presiden-bangun-tol-kunciran-serpong-oq3xjSqJCh.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA – Pembangunan jalan tol untuk mempercepat integrasi kendaraan sekaligus memudahkan penyambungan antardaerah masih menjadi prioritas Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam peresmian Jalan Tol Kunciran-Serpong. Pada sambutannya, Ia menyampaikan beberapa alasan mengenai pembangunan jalan tol itu. Melihat banyak sekali yang bertanya kepadanya alasan membangun jalan tol Kunciran-Banten.

Baca juga: Hingga Akhir 2019, 501 Km Jalan Tol di Pulau Sumatera Beroperasi

“Pertama, jalan tol ini akan mempercepat dan memperlancar konektivitas Banten - Jakarta. Saya sering mendengar keluhan orang yang bolak balik Jakarta – Banten, Banten – Jakarta, ‘Pak kita ini bisa tua di jalan karena macet.’ Kerugian besar sekali baik dari sisi waktu yang terbuang di jalan yang menyebabkan tergerus dan banyak biaya yang dikeluarkan,” ungkapnya pada Peresmian Jalan Tol Kunciran – Banten, di Banten, Jumat (6/12/2019).

Presiden Indonesia ke-7 itu juga menambahkan di era persaingan antarnegara yang semakin sengit, kecepatan sangat menentukan, yang cepat akan mengalahkan yang lambat.

Jokowi

“Kedua,” sambung Presiden, “dengan selesainya Tol Kunciran-Serpong ini, kawasan industri yang ada di Jakarta dan Banten semakin terintegrasi sehingga distribusi logistik akan lancar dan mudah.”

Ia juga menyatakan tersambungnya daerah-daerah ini akan menjadi sentra-sentra produktif dengan sentra-sentra distribusi. Dengan harapan akan meningkatkan efisien dan daya saing akan membaik.

Baca juga; Tarif Tol Pandaan-Malang Seksi Singosari-Pakis Resmi Berlaku

“Ketiga, jalan tol ini akan mempercepat pergerakan perekonomian Banten yang menjadi penyanggah Ibu Kota Jakarta. Kejenuhan investasi di Jakarta bisa dilimpahkan ke Banten karena konektivitas daerahnya sudah tersambung,” lanjutnya.

Maka ekonomi Banten diharapkan dapat bergerak lebih cepat lagi sehingga akan menciptakan lapangan kerja.

Presiden Joko Widodo menutup sambutannya dengan meresmikan jalan tol tersebut.

“Dengan ucapkan bismillah, saya resmikan Jalan Tol Kunciran – Serpong,” tutupnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini