nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Sikap Erick Thohir ke Bos Garuda yang Selundupkan Harley Davidson

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 07 Desember 2019 10:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 07 320 2139068 6-sikap-erick-thohir-ke-bos-garuda-yang-selundupkan-harley-davidson-PMp4FzGYba.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memutuskan untuk mencopot Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara. Hal ini menyusul penyelundupan motor Harley Davidson di pesawat baru Garuda Indonesia jenis Airbus A330-900 Neo.

Baca Juga: Dirut Garuda Ari Askhara Dipecat Ternyata Juragan Tanah, Hartanya Rp37,5 Miliar

Ketika memberhentikan Ari Askhara, Erick Thohir melontarkan beberapa kata sentilan dan sikap tegas. Berikut Okezone telah merangkum beberapa sentilan dan sikap tegas Erick Thohir kepada Ari Askhara seperti dikutip, Jakarta, Sabtu (7/12/2019):

 

1. Sentil Good Coorporate Governance (GCG)

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut dalam menjalankan dan memimpin perusahaan BUMN harus menjalankan GCG. Jika sampai adanya penyelewengan dan penyelundupan artinya proses GCG.

"Kami dalam menjalankan tugas harian sebagai BUMN, hal-hal yang sangat sensitif ini harus dijalankan secara prosedural, apalagi sudah menyangkut good corporate governance yang dilanggar," ujar Erick.

Baca Juga: Rini Soemarno Trending Topic, Netizen: Erick Thohir Bersihkan Sarang Ular

2. Sindir Integritas

Menteri BUMN Erick Thohir menyindir integritas dari Ari Askhara. Pasalnya, seorang bos perusahaan BUMN berani melakukan tindakan penyelundupan yang mencemarkan nama Garuda Indonesia.

"Dewan Komisaris sudah kirim surat kepada saya dan terpenting komite audit juga sudah kirim surat kepada saya dan mohon maaf saya tdak bermaksud menyelesaikan secara individu. Tapi ini hal yang sangat penting di BUMN dan sudah menjadi kesepakatan dengan Ibu Menkeu bagaimana faktor, integritas dan good corporate governance harus kita tingkatkan dan laksanakan sebaikannya," kata Erick

Melihat Lebih Dekat Pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 NEO

 

3. Erick Sedih

Menteri BUMN Erick Thohir mengaku sedih karena nama Garuda Indonesia tercemar. Pasalnya bos dari BUMN penerbangan ini harus tercoreng karena perbuatan dari bos BUMN tersebut

"Ini sungguh yang menyedihkan ini proses secara menyeluruh di dalam sebuah BUMN, bukan individu tapi menyeluruh. Ini yang tentu yang ibu pasti sangat sedih dan saya sangat sedih. Ketika kita ingin mengangkat citra BUMN, kinerja BUMN tapi kalau oknum di dalamnya tidak siap, ini yang terjadi. Dan itu saya sebagai Menteri BUMN akan memberhentikan saudara Dirut Garuda," kata Erick.

4. Erick Minta Ari Askhara Mengundurkan Diri

Menurut Erick ada baiknya Ari Askhara Mengundurkan diri. Dari pada nantinya Ari diberhentikan secara tidak hormat.

"Tentu proses daripada ini, urusan publik pasti ada prosesnya lagi," kata Erick.

 Karangan Bunga Dukung Pemecatan Dirut Garuda Indonesia

5. Erick Bakal Kejar Oknum Penyelundup Lain

Menteri BUMN Erick Thohir bakal mengejar oknum penyelundup lainya selain Ari Askhara. Pertama adalah dimulai dengan mengejar pada jajaran Direksi Garuda.

"Kita akan terus melihat lagi oknum-oknj yang tersangkut dalam kasus ini dan saya yakin Ibu Menkeu dan Dirjen Bea Cuka akan memproses secara tuntas,"kata Erick

 

6. Bos Garuda Bisa Dipidana

Seperti pepatah sudah jatuh tertimpa tangga ungkapan tersebut merupakan ungkapan yang pas disematkan untuk Ari Askhara. Pasalnya setelah dicopot dari jabatanya sebagai dirut Garuda Indonesia. Ari Askhara juga terancam dipidanakan karena merugikan negara.

"Apalagi ditulis kerugian negara dan ini menjadi faktor perdata, tapi juga pidana. Ini yang memberatkan," kata Erick.

Jokowi Bicara Pemberhentian Dirut Garuda Indonesia

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini