nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Seputar 50 Miliarder di Indonesia, Total Hartanya Rp1.884,4 Triliun

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 08:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 08 320 2139368 fakta-seputar-50-miliarder-di-indonesia-total-hartanya-rp1-884-4-triliun-swSROMDwpP.jpg Ilustrasi Orang Kaya (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat pada kuartal kali ini. Walau begitu, total kekayaan daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2019 naik Rp1.884,4 triliun kali ini.

Dalam list Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes ini, Hartono menduduki peringkat pertama. Sedangkan keluarga Eka Tjipta mendapatkan peringkat ke-2, yang sebelumnya ditempati oleh Susilo Wonowidjojo.

Berikut ini fakta seputar orang terkaya di Indonesia yang dirangkum oleh Okezone.com:

Baca Juga: 50 Miliarder Indonesia Kuasai Kekayaan Rp1.884 Triliun

1. Hartono Menjadi Orang Terkaya Pertama di Indonesia

Meski ekonomi sedang tertekan, total kekayaan daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2019 naik USD5,6 miliar menjadi USD134,6 miliar atau Rp1.884,4 triliun (kurs Rp14.000 per USD).

Berdasarkan Forbes, hampir setengah dari mereka kekayaannya meningkat. Hal ini yang membuat bos Djarum atau biasa dikenal Hartono Saudara kembali menjadi orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan USD37,3 miliar atau setara Rp522,2 triliun yang disumbang kenaikan saham BCA.

Pada urutan kedua, ada keluarga Widjaja dengan kekayaan USD9,6 miliar yang berasal dari diversifikasi bisnis. Kekayaan mereka berasal dari warisan pendiri grup Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari.

Sementara ada nama Prajogo Pangestu yang melonjak ke peringkat ketiga daftar orang terkaya Indonesia. Kekayaannya mencapai USD7,6 miliar yang berasal dari bisnis petrokimia.

 hartono

2. Ada Lima Orang yang Baru Masuk List Orang Terkaya di Indonesia

Di sisi lain, ada lima orang kaya baru dalam daftar ini, di antaranya adalah penggemar mobil Ferrari dan taipan konstruksi Donald Sihombing yang mendirikan dan menjalankan perusahaan Totalindo Eka Persada yang membangun hotel Four Seasons di Jakarta serta Winarko Sulistyo yang menjual 45% saham kertas kemasan produser Fajar Surya Wisesa ke Siam Cement Thailand pada bulan Mei untuk USD557 juta.

Selain itu, orang terkaya baru lainnya adalah Winarko. Dia memiliki kekayaan sejumlah USD1,2 miliar atau Rp16,8 triliun dan dirinya menduduki peringkat 27. Kekayaannya melonjak setelah menjual 45% saham Fajar Surya Wisesa ke Siam Cement Thailand pada bulan Mei sebesar USD557 juta. Dia dan keluarganya masih memiliki 44% saham di perusahaan tersebut.

3. Ciliandra Fangiono Adalah Orang Terkaya di Indonesia yang Paling Muda

Dalam daftar 50 orang terkaya tersebut terdiri dari berbagai kalangan, tak terkecuali mereka para pengusaha muda Indonesia.

Ciliandra Fangiono adalah orang terkaya termuda di Indonesia. Pria berusia 43 tahun ini menjabat sebagai CEO First Resources Ltd., sebuah perusahaan kelapa sawit yang terdaftar di Singapura dengan perkebunan di seluruh Indonesia. Lulusan Universitas Cambridge jurusan ekonomi ini memiliki kekayaan sebesar USD1,37 miliar.

Orang terkaya yang masih muda lainnya adalah Iwan Lukminto, Dia adalah seorang pengusaha tekstil. Dia merupakan putra tertua dari H.M. Lukminto, yang mendirikan Sritex Group pada 1966 dengan toko batik di Solo.

Harjo

4. Walaupun Usia Sudah di atas 80 Tahun, Tetapi Mereka Masuk List Orang Terkaya di Indonesia

Menjadi tua biasanya tidak diinginkan oleh kebanyakan orang. Namun bagaimana dengan menjadi tua tapi bergelimang banyak harta?

Harjo merupakan orang tertua yang juga terkaya di Indonesia peringkat 39 versi Forbes.Harjo adalah pendiri perusahaan Fa Wings Indonesia yang kini berganti nama menjadi Wings. Grup ini sekarang memproduksi berbagai macam produk rumah tangga seperti pembersih toilet, detergen, pembalut wanita, dan tak lupa produk mie instan andalannya, Mie Sedaap.Total kekayaan yang dimiliki Harjo yang tahun ini berumur 93 tahun ini,mencapai lebih dari 11 triliun rupiah.

Lalu, Lim Hariyanto Wijaya Sarwono menjadi orang terkaya yang sudah berusia senja ini. Pria 91 tahun ini kini menyandang status orang terkaya di Indonesia ranking 35 dengan total kekayaan mencapai lebih dari 13,3 triliun rupiah.Keluarga Lim merupakan pemilik saham mayoritas di produsen minyak sawit yang terdaftar di Singapura bernama Bumitama Agri.

5. Ada Dua Perempuan yang Menjadi Orang Terkaya di Indonesia

Forbes telah mengumumkan daftar 50 orang terkaya di Indonesia, dua di antaranya adalah wanita.

Ada Kartini Mulyadi dan keluarganya yang masuk dalam daftar orang terkaya ke-48 versi Forbes.eperti yang kita ketahui Kartini adalah pemilik dari Grup Tempo. Kekayaan yang di dapat oleh Bos tempo dan keluarga ini sebesar USD630 juta atau sekitar Rp8,8 triliun (dalam kurs Rp14.000).

Di urutan ke 49, terdapat Arini Subianto dengan kekayaan mencapai USD600 juta atau sekitar Rp8,3 triliun. Asal kekayaan dari Arini berasal dari sang ayah bos minyak Indonesia, Benny Subianto yang meninggal di tahun 2017. Sebagai anak tertua, kini Arini menjadi direktur utama perusahaan keluarganya, Persada Capital Investama.

kartini

6. Para Miliarder yang Meninggal di Tahun ini

Ada tiga miliarder Indonesia yang telah meninggal dunia dalam setahun terakhir. Mereka pun meninggalan warisan senilai triliunan rupiah untuk keluarganya.

Pertama adalah Founder Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja. Beliau wafat pada Januari 2019. Forbes mencatat nilai kekayaannya tersebut mencapai USD8,6 miliar atau Rp120,4 triliun (kurs Rp14.000 per USD).

Lalu, Ciputra yang merupakan taipan properti pendiri Grup Ciputra. Beliau meninggal pada 27 November 20919 dan dimakamkan pada Kamis 5 Desember 2019.

Ciputra meninggalkan kekayaan sebesar USD1,3 miliar atau Rp18,2 triliun. Alhasil, Keluarga Ciputra kini menduduki peringkat 25 dalam daftar orang terkaya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini