nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Investor Pasar Modal Bakal Meroket pada Tahun Depan?

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 20:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 10 278 2140322 jumlah-investor-pasar-modal-bakal-meroket-pada-tahun-depan-H88BFB9YbP.jpg Ilustrasi: Pergerakan IHSG (Foto Shutterstock)

JAKARTA - Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) per November 2019, jumlah investor pasar modal mencapai 2,6 juta orang. Jumlah ini masih sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta orang.

Baca Juga: Kompetisi Trading Saham Milenial 'MNC Nation 2019' Banjir Peserta

Direktur Manajemen Strategis dan Edukasi Perlindungan Konsumen OJK Kantor Regional 1 Duma Reana Hutapea mengatakan, OJK tidak menargetkan jumlah investor ke depannya. Tapi dia berharap jumlah investor menaik secara signifikan.

"Kami ingin jumlah investor menaik secara signifikan. Dengan kegiatan yang masif seperti ini, diharapkan dapat mendongkrak jumlah investor lebih banyak lagi, karena pasar modal menjadi salah satu sumber pendanaan perekonomian negara," ujar Duma di Jakarta dalam acara Grand Final MNC Nation 2019, Selasa (12/10/2019).

Baca Juga: MNC Sekuritas Fasilitasi Milenial Berinvestasi di Pasar Modal

Menurutnya, pendanaan melalui pasar modal ini memiliki nilai tambah tersendiri bagi dunia usaha maupun investor. Pasar modal akan mempertemukan secara langsung kelebihan dana dari masyarakat dengan kebutuhan dana untuk suatu perusahaan.

Upaya yang dilakukan stakeholders terkait saat ini melalui kampanye "Yuk Nabung Saham". Agar menarik banyak orang untuk berinvestasi di pasar modal, orang bisa berinvestasi mulai dari Rp100.000 di pasar modal.

Sementara itu, PT MNC Sekuritas menargetkan jumlah investor di atas 100.000 orang. "Kami berharap jumlah investor sebanyak di atas 100.000 ke depannnya. Untuk tingkat pertumbuhannya sekitar 30%," ujar Direktur IT dan Online Trading MNC Sekuritas Fifi Virgantria.

 Pekan Kedua Bulan Juli, IHSG Merosot 0,19 Persen

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini