nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atap Pembangkit Tenaga Surya Bikin, Harga Listrik Lebih Terjangkau?

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 12:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 10 320 2140120 atap-pembangkit-tenaga-surya-bikin-harga-listrik-lebih-terjangkau-78cmTjp0Ab.png PLTS Atap. (Foto: Okezone.com/KPUPR)

JAKARTA - Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) melakukan pengembangan atap solar pv roof. Teknologi ini diklaim lebih terjangkau dibanding sejenisnya.

Inovasi atap berteknologi ini berfungsi ganda. Fungsi teknologi atap solar pv roof ini sebagai penghasil tenaga listrik melalui penggunaan sel surya.

Tapi jangan khawatif soal tarifnya, atap berteknologi ramah lingkungan ini dijamin lebih terjangkau.

Baca Juga: Tagihan Listrik Rp26 Juta, Nikita Mirzani Didatangi PLN

“Harga pv roof juga lebih terjangkau, lebih murah 50% dibanding teknologi sejenis,” tulis Kementerian PUPR lewat akun Instagram resminya @kemenpupr, Selasa (10/12/2019).

Bahkan Kementerian PUPR juga sudah meggunakan atap pembangkit listrik tenaga surya itu.

Atap Solar PV Roof

“Teknologi ini telah diterapkan di Kampus Kementerian PUPR, tepatnya pada gedung parkir motor, serta pada bangunan rumah dan parkir komunal di laboratorium kawasan dan hunian rendah energi Puskim PUPR,” lanjut KemenPUPR.

Tidak lupa, Kementerian yang dipimpin oleh Basuki Hadimuljono ini juga menawarkan warganet yang tertarik untuk langsung bertanya.

“Tertarik menjadi aplikator inovasi ini? Bisa langsung tanya-tanya ke @puskimpupr ya,” tutup KemenPUPR.

Baca Juga: Jangan Utak-atik Meteran Listrik, Selain Pelanggaran Juga Berbahaya!

Sampai saat ini unggahannya telah disukai sebanyak 2.211 kali dan dikomentari sebanyak 50 komentar. Berikut komentar-komentar warganet:

“Tertarik dengan solar cell, bisa belajar dan saya akan kembangkan di rumah sendiri. Bagaimana caranya ?,” tulis @w*ndy*h*d**n.

“Keren ini min @kemenpupr ....di Indonesia perlu banget di banyakin teknologi ini plus dikombinasikan dgn tenaga angin, jd bisa buat pembangkit listrik utk pompa air bagi daerah yg kekurangan air bersih sekaligus aliran listtriknya bisa dimanfaatkan utk rmh tangga di daerah yg tepencil/pulau2/ daerah yg blm bs dijangkau listrik biasa...bravo kl ini bs dikembangkan lbh besar lg,” komentar akun @ *b*z.

“Kalo boleh saran pak. Teknologi itu sebaiknya diterapkan dihalte, stasiun, terminal, dan banyak lagi tempat umum... @kemenpupr,” tulis @ m*s_t*f*01.

“Harusnya disosialisasikan kepada masyarakat,,,gimana kalau dijadikan atap rumah tinggal,,harganya ?” komen akun @m*rk*sh*r*.

“Terus berkembang dan maju PUPR, demi kejayaan negeri,” tulis @r*k*sn.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini