Bikin Usaha? Ini 5 Taktik Negosiasi yang Perlu Diketahui

Vania Halim, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 10 320 2140202 bikin-usaha-ini-5-taktik-negosiasi-yang-perlu-diketahui-pQvwS2eKhZ.png Tips Memulai Negosiasi Bisnis. (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA - Ada beberapa hal utama yang patut dipelajari bagi pemula di dunia usaha. Salah satunya taktik bernegosiasi agar keberlangsungan usaha tetap terjaga.

Negosiasi bisnis adalah hal yang akan ditemukan jika kamu memulai usaha. Banyak hal yang perlu dinegosiasikan, antara lain merekrut tenaga ahli atau bekerja sama dengan pihak ketiga.

Baca Juga: Trending Tagar DemiCariDuit, Netizen Rela Gosok Undian hingga Kerja di Papua

Melansir businessinsider, Selasa (10/12/2019), berikut cara belajar bernegosiasi dalam bisnis dan kehidupan dari seorang CEO

1. Biarkan orang lain bicara

Jocko Willink seorang pensiunan perwira angkatan Laut AS SEAL sekaligus penulis di New York Times menyarakan untuk membiarkan orang lain berbicara dulu apa tujuannya. Di situ, kamu akan banyak tahu tentang apakah orang ini baik dengan niat yang benar untuk memulai bisnis.

Negosiasi Bisnis

Mendengarkan lebih dari sekadar taktik negosiasi. Ketika benar-benar tertarik pada apa yang orang lain katakan dan ide-idenya, kamu mungkin belajar sesuatu yang baru.

2. Temui di Tengah Jalan

Menurut Pendiri dan CEO Hint Inc Kara Golding, maksud dari bertemu di tengah jalan adalah, orang-orang suka bernegosiasi dengan pekerja yang langsung ada di lapangan.

3. Kerangka Kerja

Seorang prinsipal dari 30 bisnis Roland Frasier mengatakan, dalam bernegosiasi siapkan kerangka kerja. Pertama, fokus tentang apa yang kamu inginkan. Kedua, masukkan kemungkinan terburuk yang tidak kamu duga dalam bisnis.

Baca Juga: Pekerja Wanita Bikin Harga Saham Perseroan Moncer, Ini Buktinya!

Ketiga, pikirkan kemungkinan yang kamu dapatkan dan tanggapan balik, sehingga mereka merasa seperti mendapatkan sesuatu.

Keempat, jangan menuntut, tanyakan pertanyaan, yang menciptakan diskusi dan empati. Jangan katakan 'Saya tidak bisa', tetapi Bagaiman saya akan melakukannya?'

Terakhir, rencanakan pertanyaan, jadi secara alami mengarahkan mereka ke hasil yang kamu inginkan dan menjadi ide mereka.

4.Gunakan 5 U

Pendiri dan CEO Drivonic dan salah satu pendiri Mead Holding Grup Maat Head, pertama, understand, ini memberikan waktu untuk memikirkan alternatif dan mencari nasihat saat negosiasi. Kedua, untangle, berarti lepaskan.

Negosiasi membutuhkan kerjasama, jadi persamakan persepsi dengan oranglain yang hendak bekerja sama. Ketiga, unhand. Kita berniat untuk menyatukan dan menemukan solusi.

Keempat, unpaint. Negosiasi seperti melukis gambar. Berhenti dan menguraikan, mundur dan pastikan terlihat bagus.

Terakhir, uncover, temukan solusinya dan jangan takut melangkah, karena penawaran balik adalah tempat terjadinya transaksi.

5. Pastikan Saling Menguntungkan

CEO Douglass Elliman dan broker real estate Dottie Herman mengatakan, mulailah dengan membangun hubungan. Nyatakan kesamaan yang dimiliki untuk menjaga dialog tetap berjalan baik. Negosiasi yang berhasil, kedua pihak diuntungkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini