nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pekerja Wanita Bikin Harga Saham Perseroan Moncer, Ini Buktinya!

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 14:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 15 278 2130248 pekerja-wanita-bikin-harga-saham-perseroan-moncer-ini-buktinya-uL6E68D5xZ.jpg Personal Finance (Reuters)

JAKARTA – Perusahaan yang memiliki karyawan wanita lebih banyak cenderung memiliki harga saham yang lebih tinggi. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh Credit Suisse terhadap lebih dari 3.000 perusahaan di dunia.

Perusahaan yang memiliki setidaknya 20% karyawan wanita di posisi eksekutif, tercatat saham perusahaannya rata-rata naik sebesar 3,6% sejak 2010. Walaupun Credit Suisse tidak menyebutkan langsung hubungan keberagaman gender dengan harga saham perusahaan.

 Baca juga: Semua Orang Adalah CEO, Ini Buktinya!

“Ketika melihat bisnis di perusahaan, kami menemukan pengembalian modal lebih stabil dengan volatilitas lebih rendah di antara perusahaan lain,” ungkap seorang direktur pelaksana dan kepala penelitian tematis global Credit Suisse, Richard Kerlsey, seperti dikutip South China Morning Post, Jumat (15/11/2019).

 Wanita Karier

Wanita saat ini menduduki 17% dari tim manajemen perusahaan secara global, naik dari 14% tahun 2016 lalu. Hal ini merupakan hasil penelitian yang menganalisis data yang mencakup 30.000 karyawan senior di 56 negara.

 Baca juga: Kiat Sukses Bernegosiasi ala Wirausahaan, Nada Bicara Jadi Salah Satunya!

Studi ini juga diperkuat oleh penelitian yang dilakuan berbagai universitas. Misalnya pada tahun ini, Universitas Stanford menemukan sekitar 60% keanekaragaman gender pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di sektor teknologi dan keuangan. Bahkan, investor akan menaruh harga saham lebih tinggi jika perusahaan keberagaman gender.

Tapi penelitian yang dilakukan oleh sekolah bisnis pascasarjana INSEAD, malah menemukan 2,3% penurunan nilai saham jika terdapat seorang wanita pada dewan direksi. Studi Credit Suisse menunjukkan perusahaan dengan jumlah perempuan lebih tinggi dalam menejemen akan mendorong keuangan yang lebih sehat. Termasuk pemasukan kas yang lebih kuat dan peringkat kredit lebih baik.

 Baca juga: Era Digital, Perhatikan 5 Hal Ini Supaya Bisnismu Up to Date

Hal yang sama juga dilakukan Credit Suisse, perusahaan dengan sedikitnya 30% eksekutif wanita telah menghasilkan pengembalian pada harga saham sekitar 5,4% sejak 2014.

Beda dengan Hong Kong, gender wanita di jajaran dewan direksi menunjukkan kemajuan yang lambat. Persentase staf wanita pada dewan direksi sebesar 11,3% hanya menyumbangkan 1,7% pada 2019 dari tahun 2016, dengan persentase wanita di bawah 21% .

Faktanya, wanita ternyata menyumbang 16,3% sebagai posisi manajer senior, turun dari 18,2% tiga tahun silam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini