nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Era Digital, Perhatikan 5 Hal Ini Supaya Bisnismu Up to Date

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 20:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 31 320 2124228 era-digital-perhatikan-5-hal-ini-supaya-bisnismu-up-to-date-QRSFlEcNXX.jpg Laporan Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Jika Anda seorang wirausahawan, Anda tahu betapa kompetitifnya dunia bisnis itu. Agar tetap di atas, Anda harus tetap mengikuti perkembangan teknologi modern dan menciptakan inovasi-inovasi baru.

Dikutip dari Enterpreneur, Kamis (31/10/2019), berikut adalah lima tren unik yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis di tahun mendatang dan seterusnya.

1. Peka terhadap demografi anak muda

Para orang yang sudah berusia tua mungkin ingat zaman sebelum internet, tetapi untuk generasi yang lebih muda, internet merupakan bagian penting dari semua yang mereka lakukan. Dan seiring bertambahnya usia dan menjadikan pasar konsumen lebih banyak, perusahaan harus melakukan yang terbaik untuk berhubungan dengan memindahkan pemasaran mereka ke platform digital.

 Baca juga: 5 Tren Unik Pendorong Wirausaha di 2020

Contohnya adalah TikTok, platform video seluler-sentris yang telah mengalami pertumbuhan gila dalam beberapa tahun terakhir. Dengan 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok menempati urutan kesembilan dalam kategori itu di antara situs jejaring sosial. TikTok berhasil melampaui LinkedIn, Twitter, Pinterest, dan Snapchat.

YouTube juga membuat pemasaran digital lebih mudah diakses. Menurut survei VidMob, 59 persen responden Gen Z mengatakan mereka menggunakan aplikasi YouTube lebih banyak daripada yang mereka lakukan setahun sebelumnya. Itu adalah pertanda bahwa pasar ini baru saja dimulai.

milenial

2. Ramah lingkungan itu penting

Semakin kesini, semakin banyak orang yang mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan. Pembuat protein nabati Beyond Meat telah meningkatkan harga sahamnya lebih dari tiga kali sejak peluncuran IPO-nya. Tetapi bagi konsumen, gaya hidup sadar lingkungan tidak berhenti pada diet vegetarian dan produk-produk kesehatan organik.

Pembuat pakaian wanita populer Lunya membangun produknya dari kain dan serat alami, dan pakaian tidur dan garis intimnya menggunakan kapas Pima untuk ketahanan dan kenyamanan. Menggunakan bahan-bahan alami menurunkan jejak karbon bisnis mereka, dan juga konsumen individu.

Menurut Small Business Trends, ketika datang untuk mengetuk konsumen baru di pasar hijau yang sudah ramai, jawabannya mungkin terletak pada penyediaan detail dan keaslian kepada konsumen. Tidak cukup jika Anda doang yang sadar akan ramah lingkungan, Anda juga harus membantu pelanggan Anda memahami apa artinya ramah lingkungan untuk Anda dan mereka.

3. Pembelajaran mesin dan kemajuan AI

Industri kecerdasan buatan terus tumbuh dan akan memiliki dampak signifikan pada ekonomi dunia di tahun-tahun mendatang. Penggunaan AI dan algoritma yang lebih kecil dapat meningkatkan pengalaman pengguna di hampir semua industri. Misalnya Spotify yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menjadikan pengalaman mendengarkan musik jadi lebih pribadi karena disediakan sesi khusus untuk setiap pengguna.

Baca juga: Inspirasi Usaha Minuman Cokelat, Pengusaha Ini Ungkap Rahasia Suksesnya

“Chatbots dan asisten virtual hari ini mampu menangani lebih banyak tugas layanan pelanggan daripada sebelumnya untuk memfasilitasi perjalanan pelanggan dengan lebih baik. Ketika mereka memanfaatkan pembelajaran mesin untuk merespons permintaan pelanggan dengan lebih baik, interaksi ini menjadi lebih efisien,” ujar Pendiri dan CEO VividTech Omer Khan.

Dengan begitu, melalui penggunaan teknologi yang cerdas, bisnis dan konsumen semuanya akan mendapat manfaat yang menguntungkan.

4. E-Commerce akan terus mendominasi

Dalam empat tahun mendatang, e-commerce global diperkirakan akan mencapai sekitar USD5 triliun, sehingga menyebabkan banyak pengecer memindahkan investasi dari etalase ke toko online. Fashion Nova telah memanfaatkan kekuatan belanja online dengan hanya sedikit lokasi fisik, memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan ratusan juta dalam penjualan.

e-commerce

Mereka bahkan menciptakan gudang canggih yang dapat mengirimkan pesanan lebih cepat. Ketika pengecer yang lebih terspesialisasi muncul di pasar, tampaknya tidak ada batasan untuk apa yang dapat dijual secara online.

5. Platform digital yang mencakup segala hal akan terus meningkat

Ketika perusahaan ingin memberikan lebih banyak layanan dan opsi kepada pelanggan mereka, permintaan telah meningkat untuk platform all-in-one untuk menangani transaksi keuangan, keamanan, dan kebutuhan perbankan. Konsumen dan pemilik bisnis sama-sama menghargai kemampuan untuk mencapai lebih dari satu tujuan mereka dengan vendor tertentu, dan sistem yang komprehensif ini semakin populer.

Pasalnya, perusahaan dan produk seperti Cyfe dan Tableau (yang memiliki IPO besar-besaran) menciptakan platform pusat intelijen bisnis dengan API dan integrasi yang terus mendorong laju teknologi. Contoh lain adalah Prime Trust, yang menawarkan one-stop shopping untuk pemilik bisnis dengan menyediakan layanan keuangan dan solusi infrastruktur, menghemat waktu mereka dan menciptakan pengalaman yang lebih nyaman bagi pelanggan, yang merupakan tujuan akhir.

Baca Juga: Coba Bisnis Minuman Jelly dari Buah Nipah, Modalnya Enggak Besar

Seiring meningkatnya permintaan akan berbagai metode pembayaran, jenis platform perbankan dan keuangan layanan lengkap ini akan diperlukan bahkan untuk usaha kecil atau etalase. Pelanggan menginginkan opsi kredit tanpa kontak dan kemampuan untuk membayar dengan mata uang kripto atau telepon mereka.

Mereka juga menuntut keamanan tinggi dan akses instan 24 jam untuk uang. Akan sangat penting untuk terus maju jika Anda memiliki pakar untuk memandu bisnis Anda melalui labirin keuangan yang selalu berubah ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini