nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tren Unik Pendorong Wirausaha di 2020

Delia Citra, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 14:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 29 320 2123079 5-tren-unik-pendorong-wirausaha-di-2020-WwuyD4iPJ6.jpg Grafik Ekonomi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA- Sebagai wirausaha, kamu tahu bagaimana bisa kompetitif di tengah persaingan dunia bisnis. Supaya bisa bertahan, wirausaha harus memanfaatkan kemajuan teknologi modern dan mengikuti inovasi yang baru.

Agar bisa sukses, berikut lima tren unik yang diharapkan bisa mendorong pertumbuhan bisnis para wirausahawan di tahun mendatang. Berikut selengkapnya seperti dilansir dari entrepreneur.com, Selasa (29/10/2019).

Baca Juga: Kaesang Jualan Pisang di Malaysia, Netizen: Upin Ipin Minta Gratis

1. Menangkap Demografi Generasi Milenial

Sekarang eranya internet, di mana generasi muda menjadi pasar konsumen lebih banyak. Perusahaan harus melakukan yang terbaik untuk berhubungan dengan konsumen dengan memindahkan pemasaran mereka ke platform digital.

tren unik wirausaha 2020

Youtube membuat pemasaran digital lebih mudah diakses oleh masyarakat saat ini. Menurut survei VidMob baru-baru ini, 59% responden Gen Z (mereka yang menggunakan aplikasi YouTube) lebih banyak daripada yang mereka lakukan setahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa pasar ini baru saja dimulai.

2. Gaya Hidup

Semakin banyak orang yang mengadopsi gaya hidup hijau. Tetapi bagi konsumen, gaya hidup sadar lingkungan tidak berhenti pada diet vegetarian dan produk-produk kesehatan organik. Klunya, pembuat pakaian wanita populer, membangun produknya dari kain dan serat alami.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akui Pernah Remehkan Bisnis Anaknya

Untuk ketahanan dan kenyamanan, produsen menggunakan bahan-bahan alami yang bisa menurunkan jejak karbon bisnis mereka, dan juga konsumen individu. Menurut Small Business Trends, konsumen baru di ‘pasar hijau’ sudah ramai.

3. Pembelajaran Mesin dan Kemajuan AI

Industri kecerdasan buatan terus tumbuh dan akan memiliki dampak signifikan pada ekonomi dunia di tahun-tahun mendatang. Penggunaan AI dan algoritme yang lebih kecil dapat meningkatkan pengalaman pengguna di ampir semua industri. 

Spotify misalnya, menggunakan kecerdasan buatan untuk menjadikan pengalaman mendengarkan lebih pribadi dengan membuat sesi khusus untuk setiap pengguna. AI juga mengubah layanan pelanggan, seperti yang dikatakan Omer Khan, pendiri dan CEO VividTech kepada Entrepreneur.

Melalui penggunaan teknologi yang cerdas, bisnis dan konsumen semuanya akan mendapat manfaat.

4. E-Commerce Akan Terus Mendominasi

Dalam empat tahun mendatang, nilai e-commerce global diperkirakan akan mencapai sekitar USD5 triliun. Seperti yang dilaporkan oleh Statista, banyak pengecer yang memindahkan investasi dari etalase bata dan mortir ke toko online.

Banyak pembuka usaha yang memanfaatkan kekuatan belanja online hanya dengan memanfaatkan media online untuk menghasilkan ratusan juta dalam penjualan. Mereka bahkan menciptakan gudang canggih yang dapat mengirimkan pesanan lebih cepat. Ketika pengecer yang lebih terspesialisasi muncul di pasar, tampaknya tidak ada batasan untuk apa yang dapat dijual secara online.

5. Platform Digital Terus Meningkat

Ketika perusahaan ingin memberikan lebih banyak layanan dan opsi kepada pelanggan mereka, permintaan telah meningkat platform untuk menangani transaksi keuangan, keamanan, dan kebutuhan perbankan. Konsumen dan pemilik bisnis sama-sama menghargai kemampuan untuk mencapai lebih dari satu tujuan mereka dengan vendor tertentu, dan sistem yang komprehensif ini semakin populer.

Perusahaan dan produk Prime Trust, yang menawarkan one-stop shopping untuk pemilik bisnis dengan menyediakan layanan keuangan dan solusi infrastruktur, menghemat waktu mereka dan menciptakan pengalaman yang lebih nyaman bagi pelanggan, yang merupakan tujuan akhir.

Seiring meningkatnya permintaan akan berbagai metode pembayaran, jenis platform perbankan dan keuangan layanan lengkap ini akan diperlukan bahkan untuk usaha kecil atau etalase.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini