nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Tak Ada Niat Ubah APBN, Defisit Anggaran Tetap 2,2%

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 18:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 12 20 2141216 sri-mulyani-tak-ada-niat-ubah-apbn-defisit-anggaran-tetap-2-2-oCTtxoojrL.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan terus menjaga defisit Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2019 pada angka 2,2% hingga akhir tahun. Di mana angka tersebut masih di bawah patokan dalam undang-undang sebesar 3%.

"Presiden Jokowi pernah menyampaikan di acara Bank Indonesia bahwa peranan dari kebijakan fiskal sudah sangat tepat, prudent dan dijaga dengan baik," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kemenko Perekonomian Jakarta, Kamis (12/12/2019).

 Baca Juga: Pemerintah Sudah Belanja Rp1.798 Triliun hingga Oktober

Dia menuturkan bahwa sampai saat ini belum ada arahan Presiden Jokowi untuk mengubah proyeksi defisit APBN tahun ini.

"Jadi untuk pemikiran bagaimana perubahan itu, silahkan dibahas tapi Presiden arahannya seperti itu. Maka itu kita tidak ada niat melakukan perubahan, dan undang-undang yang selama ini kita pakai seperti itu," pungkas dia.

Baca Juga: Defisit APBN Melebar, Capai Rp289,1 Triliun di Oktober 2019

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebutkan ada kemungkinan pemerintah akan melebarkan defisit APBN di tahun depan. Pelebaran defisit diklaim bertujuan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah melambatnya perekonomian global.

Seperti diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan akan ada pelebaran defisit pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga 2,2%. Angka ini melebar dari terget yang ditetapkan pada APBN 2020.

Direktur Jenderal Pengelolaan, Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman mengatakan, target defisit APBN tahun jni adalah sebesear 1,87%. Sedangkan jika dibandingkan berdasarkan outlook adalah diperkirakan defisit APBNnya adalah 1,93%.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini