nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indeks Dolar Lesu Tunggu Kepastian Dagang AS-China

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 08:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 17 278 2142780 indeks-dolar-lesu-tunggu-kepastian-dagang-as-china-HqG1v7qoKY.jpg Dolar AS (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pasar valuta asing stabil pada akhir perdagangan 16 Desember 2019. Indeks dolar AS sedikit lebih rendah, untuk mengantisipasi perincian lebih lanjut pada perjanjian perdagangan AS-China. Kesepakatan perdagangan "fase satu" antara Washington dan Beijing telah "benar-benar selesai."

Direktur Dewan Ekonomi Nasional Larry Kudlow mengatakan bahwa ekspor AS ke China akan berlipat ganda berdasarkan perjanjian tersebut.

Baca Juga: Perang Dagang AS-China Mereda, Indeks Dolar AS Kokoh

Tetapi meskipun delegasi perdagangan China menyatakan optimisme tentang kesepakatan itu, beberapa pejabat pemerintah berhati-hati. “Kesepakatan itu adalah pencapaian bertahap, dan tidak berarti bahwa sengketa perdagangan diselesaikan sekali dan untuk semua," kata sebuah sumber dilansir Reuters, Selasa (17/12/2019).

Perhatian atas masa depan pembicaraan perdagangan mendorong indeks dolar turun 0,15% di 97,030. Yuan China yang sensitif terhadap perdagangan dan dolar Australia keduanya turun dari puncak empat bulan pekan lalu.

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat 14 Poin 

Euro yang telah melonjak pada hari Jumat ke tertinggi empat bulan USD1,1199 terhadap dolar, menelusuri kembali sebagian besar kenaikan tersebut dan berakhir di USD1,1146 namun naik sedikit. Yen, aset safe haven yang diuntungkan dari ketidakpastian pasar, mencapai level terendah dua minggu pada hari Jumat.

Di tempat lain, sterling tetap didukung oleh harapan bahwa kemenangan pemilihan umum pekan lalu untuk Partai Konservatif Perdana Boris Johnson Inggris akan mengakhiri ketidakpastian jangka pendek Brexit. Pound diperdagangkan terakhir pada USD1,335 atau naik 0,19%.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini