Susi Pudjiastuti Yakin Jokowi Tak Izinkan Ekspor Bibit Lobster

Irene, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 04:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 19 320 2143919 susi-pudjiastuti-yakin-jokowi-tak-izinkan-ekspor-bibit-lobster-XO97k97GSM.jpg Susi Pudjiastuti. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali menunjukkan penolakannya terhadap dibukanya ekspor bibit lobster. Menurutnya kebijakan ekspor bibit ini akan mengancam populasi lobster di Indonesia.

"Sidat dan lobster sama belum bisa di-breefing-kan in house. Kalau bibitnya diambil untuk budidaya secara masiv ya akan punah," kata Susi di akun Twitter pribadinya, dikutip Okezone (20/12/2019).

Sistem budidaya biota laut yang biasanya terdiri dari perkawinan, telur, memijahkan, hingga membesarkan, sangat berbeda dengan budidaya lobster dan ikan sidat. Susi menjelaskan, budidaya makhluk air ini hanya sebatas pada pembesaran saja. Inilah mengapa lobster disebut Plasma Nutfah.

Susi

Selain itu, Susi juga mengatakan Indonesia tidak boleh berkompromi untuk mengkomersialkan Plasma Nutfah karena Indonesia merupakan negara maju yang telah melaksanakan pembangunan berkelanjutan.

Plasma Nutfah menurut Susi harus dilindungi keberadaan dan keberlanjutannya. Negara harus ikut serta dalam memastikan spesies asli tetap ada. Susi juga mengutarakan kepercayaannya pada Presiden Jokowi bahwa beliau akan melindungi Plasma Nutfah.

"Saya tetap masih ingin percaya Pak Presiden tidak mengizinkan ekspor bibit lobster. Saya percaya Presiden akan melindungi plasma nutfah yang bernilai begitu besar untuk livelihood ratusan ribu orang Nelayan Lobster (bukan bibit lobster) & SDA Indonesia untuk anak-anak bangsanya," ucapnya.

Baca Selengkapnya: Susi Pudjiastuti: Saya Percaya Presiden Tidak Izinkan Ekspor Bibit Lobster

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini