nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Kentang Bisa Hidupkan Lampu LED, Kok Bisa?

Irene, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 18:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 19 320 2143951 viral-video-kentang-bisa-hidupkan-lampu-led-kok-bisa-sQQFmS8g7i.jpeg Listrik (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Video seorang pria mencoba menyalakan sebuah lampu LED dengan menggunakan dua buah kentang menjadi viral di kalangan warga plus 62. Video itu menjelaskan lampu bisa menyala tanpa setruman listrik PT PLN (Persero).

"Saudaraku, aku ingin membuktikan, apakah kentang itu bisa menyalakan lampu," kata pria ini di awal videonya seperti dikutip Okezone (19/12/2019).

Baca Juga: Kiat Terhindar dari Bahaya Setruman Listrik di Musim Hujan

Mengawali percobaannya, pria ini mencoba stop kontaknya terlebih dahulu dan menghubungkannya dengan sebuah lampu LED. LED ini tentu saja menyala dengan aliran listrik.

Pria ini kemudian mengaitkan kawat-kawat yang telah dirakitnya pada LED lampu. Setelahnya, dia menancapkan paku pada kedua kentang yang dia jadikan objek eksperimennya.

Lampu LED

Setelah itu, dia menempelkan ujung kawat lampu LED itu ke paku yang tadi telah ditancapkan ke kentang. Mengagetkan, lampu LED menyala terang.

"Nah ternyata bisa nyala," kata pria itu.

Untuk lebih meyakinkan audiensnya, pria ini mengikatkan kawatnya pada paku tersebut. "Jadi terbukti ya, terbukti bahwa kentang bisa menyalakan lampu," jelas pria itu.

Hingga berita ini diturunkan, pihak PLN belum menjawab pertanyaan Okezone mengenai penjelasan secara ilmiah kekuatan kentang yang bisa menjadi energi pada lampu LED.



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini