nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Penumpang Pesawat 2019 Diprediksi Turun, Pengelola Bandara Diminta Introspeksi

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 13:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 30 320 2147385 jumlah-penumpang-pesawat-2019-diprediksi-turun-pengelola-bandara-diminta-intropeksi-XZ3fvhdsbf.jpg Tiket Pesawat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Penumpang di sejumlah bandara di Indonesia diprediksi mengalami penurunan pada tahun ini. Salah satu penyebabnya adalah masih tingginya harga tiket pesawat.

Pengamat penerbangan dan Anggota Ombudsman Republik Indonesia Alvin Lie mengatakan, memang tiket pesawat menjadi salah satu penyebab penumpang turun. Hanya saja, pengelola bandara juga harus intropeksi.

Baca Juga: Penumpang di 16 Bandara Milik AP II Turun Drastis, Ini Faktanya!

Karena menurutnya yang menjadi salah satu penyebab tiket pesawat naik adalah adanya kenaikan pada biaya-biaya di bandara. Sebagai salah satu contohnya adalah biaya pelayanan, hingga biaya Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax.

"Kemudian biaya-biaya di bandara juga naik. Biaya tempat, biaya pelayanan, bahkan Passenger Service Charge bandara itu naik dan itu sekarang dimasukan ke dalam harga tiket. Seolah-olah harga tiket jadi mahal padahal kan itu ada di dalam," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (30/12/2019).

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Masih Tinggi, Jumlah Penumpang Turun 8,24%

Sebagai salah satu contohnya adalah PSC di terminal III Bandara Soekarno Hatta jika menggunakan penerbangan Garuda dipungut biaya Rp150.000 per orang. Sementara jika jika terbang dari terminal II Bandara Soekarno Hatta, tarif PSC hanya sekitar Rp60.000 per orang.

"Tiket Garuda yang dari terminal 3 itu untuk penerbangan domestik ada tambahan kalau enggak salah Rp150.000. Sebelumnya kalau dari terminal 2 itu cuma Rp60.000. Nah itu dia tapi kan seolah olah harga tiket Garuda ada tambahan Rp150.000 itu kan disamarkan jadi seolah-olah harga tiket mahal," katanya.

 Ilustrasi tiket pesawat

Lagipula lanjut Alvin Lie, pihak maskapai tidak menaikan tarif hingga melebih Tarif Batas Atas (TBA) yang dipatok pemerintah. Bahkan TBA yang sudah diatur justru diturunkan oleh pemerintah agar maskapai bisa menurunkan lagi harga tiket pesawatnya.

"Bandara itu juga harus lihat dong harga tiket pesawat tarif batas atas itu sejak tahun 2016 itu tidak pernah naik bahkan diturunkan oleh Menteri Perhubungan. Sedangkan biasa operasional airlines sejak 2016 itu kan terus naik," kata Alvin.

Sementara itu, Okezone pun sudah mencoba mengkonfirmasi kepada pihak PT Angkasa Pura II lewat pesan singkat Whatsapp. Namun hingga berita ini diturunkan, Okezone belum menerima konfirmasi terkait biaya PSC yang naik.

Namun jika melihat dari website Angkasa Pura II, tarif PSC yang dipatok oleh otoritas Bandara adalah sekitar Rp150.000 per orang untuk penerbangan dari Terminal II Bandara Soekarno Hatta. Sedangkan jika terbang dari terminal III Bandara Soekarno Hatta, tarif PSCnya adalah Rp200.000 per orang.(dni)

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini